Materi Teks khutbah jum'at Mencari Barokah/keberkahan Allah S.W.T


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga: Materi Teks Khutbah Jum'at Mensiasati Umur Pendek Namun Amal Jariyah Terus Mengalir

Berikut teks khutbah juma'at dengan judul "Mencari barokah/keberkahan Allah S.W.T"

Khutbah Pertama:

bacaan khutbah jumat
bacaan khutbah jumat
bacaan khutbah jumat
Kaum muslimin rahimakumullah...

Siapapun diantara kita, tentu ingin semuanya menjadi barokah, umur kita menjadi barokah, rezki kita menjadi barokah, ilmu kita menjadi barokah, ibadah kita menjadi barokah, keluarga anak cucu kita menjadi barokah. Barokah dalam arti sesuatu yang mungkin secara dzohir klihatannya sedikit tidak seberapa tapi kemanfaatannya luar biasa. 

Ada beberapa orang yang ngajinya tidak terlalu banyak, di pesantren tidak terlalu lama tapi karena ilmunya barokah maka di masyarakat pun dia bermanfaat. Sebaliknya, ada orang yang mondoknya lama luar biasa tapi ternyata setelah pulang tidak dipakai oleh masyarakat, ilmunya nganggur. Itulah contoh barokah dan tidak barokah.

Kaum muslimin rahimakumullah...

Ada orang yang gajinya tidak seberapa, penghasilannya tidak banyak tapi nyatanya bisa haji, bisa umrah, nyatanya bisa sekolahkan sampai mengkuliahkan anaknya, nyatanya bisa bangun musholah tanpa minta-minta bantuan kemana-mana, itulah contoh harta sedikit tapi tidak barokah. Sebaliknya, ketika harta tidak barokah meskipun melimpah ruah luar biasa, gajinya banyak, penghasilannya banyak namun haji tidak bisa, berjuang tidak bisa, membangun musholah tidak bisa, menyekolahkan anak pun juga tidak bisa. Maka begitu pentingnya yang namanya barokah.

Kaum muslimin rohimakumullah...

Lalu bagaimana untuk mendapatkan barokah atau keberkahan? Karena keberkahan itu murni dari Allah S.W.T. Bukan ikhtiar manusia tapi yang menentukan adalah Allah S.W.T. Siapa yang mendapat keberkahan yaitu orang yang dipilih oleh Allah S.W.T. 

Yang Pertama: Hablumminallah
Oleh karenanya, senantiasalah mendekatkan diri kepada Allah S.W.T, jaga sholat 5 waktu, jaga sholat kobliah dan ba'diah, jaga sholat jamaah, penting sekali untuk mendapatkan keberkahan hidup dari allah S.W.T.

Yang kedua: Hablumminnas
kalo kita sudah baik sholatnya, hablumminallah nya baik maka harus baik dalam hal hablumminannas, dan manusia yang paling pertama yang harus diperlakukan baik oleh kita adalah kedua orang tua kita. Maka sangat tidak berkah hidupnya seorang anak yang tidak berbakti kepada kedua orang tua nya, menyakiti orang tuanya. Berkali-kali Allah perintahkan supaya kita umat manusia berlaku baik kepada kedua orang tua, "wabil walidaini ihsana" berbuat baiklah kepada kedua orang tua.

kalaulah kedua orang tua sudah wafat jangan lupa medo'akan mereka, jangan lupa mengirim kan al-fatihah untuk mereka, jangan lupa kalau orang jawa menyebut "selamatan" untuk mereka, abaikan saja kalau ada orang berpendapat "katanya itu tidak ada dalilnya". Imam Bukhari dalam hadist nomor 2.563 meriwayatkan: "ada seorang laki-laki datang kepada rosulullah "wahai rosulullah ibu saya telah wafat, apakah yang sudah wafat juga dapat pahala kalau kami anak melakukan sedekah pahalanya kami niatkan untuk ibu yang sudah wafat, nabi menjawab na'am. Hadist ini sahih riwayat imam bukhari muslim.

Jangan sampai kita tidak mendo'akan kedua orang tua. Sebagaimana sabda Rosulullah S.A.W  "ketika anak tidak mau lagi mendoakan orang tuanya maka berkah rezekinya putus dicabut Allah S.W.T". Semoga kita bisa menjaga sholat dan berbakti kepada kedua orang tua baik ketika hidup maupun sudah mati.

bacaan khutbah jumat

Khutbah Kedua:
bacaan khutbah jumat
bacaan khutbah jumat

Naskah ditranskip dari Khutbah KH. Marzuqi Mustamar

Baca Juga: Teks Naskah Khutbah Jum'at dengan Judul TAUHID

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel