Alasan orang tua melarang tidur saat Magrib, ternyata ini penjelasannya

Tidak boleh tidur saat magrib, pamali. Orang tua zaman dulu atau bahkan sekarang ini pastinya masih ada yang melarang anak-anak atau bayi tidur diwaktu magrib, yaitu saat matahari mulai atau hampir ternggelam ufuk barat.

Kita sebagai generasi penerus tentunya hanya bisa menerima nasehat tersebut, toh kalau pun kita bertanya kepada mereka alasaanya kenapa, pastinya kita tidak mendapatkan jawaban yang logis mengenai tidak boleh tidur diwaktu magrib.

waktu magrib


Apakah kalian pernah mengalami hal tersebut? yaitu dilarang oleh orang tua untuk tidur saat memasuki waktu magrib. Kalau iya pasti kalian pernah berfikir, kenapa sih orang tua melarangnya? 

Apakah larangan tidur saat magrib hanya mitos belaka? Yuk simak ulasannya dibawah ini :

Pandangan Islam

Dalam agama islam ada 5 waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur, yaitu tidur saat pagi setelah sholat subuh, tidur setelah sholat ashar menjelang magrib, tidur sebelum sholat isya, tidur setelah selesai makan dan tidur sepanjang hari.

Jadi, berdasarkan hal tersebut maka sudah jelas bahwa larangan tidur saat magrib ada dasarnya di dalam agama dan termasuk larangan di dalam islam. Bahkan, didalam beberapa hadist pun sudah dijelaskan.

waktu magrib


Pandangan Medis

Dalam pandangan medis sendiri, para medis membenarkan larangan tidur diwaktu magrib dengan alasan kesehatan, artinya selain dikaitkan dengan hal mistis atau agama, tidur di saat magrib juga disebut-sebut akan membuat kita mengalami gangguan suasana hati yang akan membuat kita mudah sakit.


Menurut pakar kesehatan tidur saat magrib akan membuat tubuh kita merasa tidak nyaman ketika terbangun. Mungkin kita sendiri pernah mengalaminya, saat tertidur ketika magrib tanpa sengaja dan terbangun saat sudah malam, suasana hati atau mood terasa kurang bersemangat dan badan pun terasa lemas.

Mengapa demikian, karena diwaktu magrib erat kaitannya dengan perubahan jam biologis pada tubuh manusia. Perlu diketahui, jam biologis atau ritme sirkadian berpengaruh besar pada jalannya berbagai fungsi organ tubuh secara otomatis.

Ketika tidur saat magrib, maka tubuh akan mengalami kebingungan karena saat inilah tubuh harusnya berada dalam kondisi bugar dan aktif. Jika kita justru tidur saat waktunya organ tubuh kita lebih aktif dan kuat maka tentu akan terjadi kekacauan pada berbagai sistem yang ada didalam tubuh, misalnya kita akan mengalami sakit kepala, pusing, lemas dan lain-lain.

Bahkan lebih dari itu, tidur sebelum magrib menurut medis dapat memicu resiko peningkatan kolesterol.


Nah bagaimana, sudah tahu kan sekarang kenapa orang tua dulu sangat melarang anak-anaknya tidur diwaktu magrib. Memang sih waktu magrib seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis seperti waktunya setan atau jin keluar dan lain-lain. Namun ternyata, larangan orang tua tersebut bukan hanya sekedar larangan loh, karena faktanya bisa dijelaskan dalam agama dan dalam dunia kesehatan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel