Ampuh, Cara Mengatasi Kebotakan dengan Mudah dan Alami

Rambut adalah salah satu bagian dari anggota tubuh yang dapat menunjang penampilan, baik itu pria maupun wanita.

cara mengatasi kebotakan

Kebotakan biasanya terjadi pada mereka yang telah mangalami atau memasuki usia yang lebih tua. Namun, ternyata kebotakan bisa saja dialami oleh mereka yang masih muda. Buktinya, banyak anak muda yang mengeluh karena sudah mengalami kebotakan secara perlahan, baik itu di area ubun-ubun maupun yang dimulai dari daerah dahi yang membentuk huruf M.

Kebotakan yang dikenal dalam bahasa medis dengan Alopesia ini  umumnya terjadi pada pria, namun bukan berarti wanita tidak megalami.

Penyebab kebotakan sendiri bisa terjadi karena faktor genetik, hormon yang tidak seimbang, penyakit, makanan, stress, produk perawatan rambut ataupun karena gaya hidup yang kita jalani.

Bagaimana Cara Mengatasi Kebotakan?

Untuk mengatasi kebotakan itu sendiri hal yang paling pertama yang kita lakukan adalah mengetahui penyebab kebotakan itu sendiri. Jika sudah diketahui maka kita akan bisa fokus untuk mengatasi penyebab tersebut terlebih dahulu.

Untuk cara-cara yang bisa kita lakukan dalam mengatasi kebotakan adalah sebagai berikut :

Suntik Kortikostiroid

Suntikan tersebut dapat membantu pertumbuhan rambut dalam waktu 4-6 minggu namun bisa juga lebih dari itu.

Terapi Minoxidil

Minoxidil umumnya digunakan untuk pasien yang mengalami hipertensi. Namun, tidak disangka obat  ini ternyata juga dapat mengatasi kerontokan rambut. Dengan meneteskan minoxidil secara rutin di area yang mengalami kebotakan maka akan memicu pertumbuhan rambut pada area tersebut, tetapi tentunya tidak boleh asal, harus dengan saran dari tenaga kesehatan ya.

Transplantasi Rambut

Mungkin cara ini adalah cara yang memerlukan banyak uang dan sedikit menyakitkan, namun hasilnya akan memuaskan karena rambut akan ditanam dikulit kepala yang mengalami kebotakan.

Imunoterapi Topikal Substansi

Caranya sama dengan minoxidil, obat ini akan memicu pertumbuhan rambut pada area kebotakan dan hasilnya sendiri akan tampak 12-14 minggu.

Berbagai cara diatas tentunya memiliki efek samping tersendiri, jadi pastikan sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahlinya.

Baca Juga : Kebotakan Dini, Berikut 7 penyebab terjadinya kebotakan pada pria maupun wanita

Apakah Ada Cara Alami ? 

Jika belum berani untuk mencoba caea-cara diatas, mungkin kamu perlu mencoba cara alami yang satu ini, yaitu dengan menggunakan daun jambu biji.

mengatasi rambut rontok dengan jambu biji

Daun jambu biji banyak dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi kebotakan karena kandungan B kopleks yang dapat yang dapat menyehatkan folikel rambut dan juga merangsang tumbuhnya rambut.

Cara Menggunakan Daun Jambu Biji :

Untuk membuatnya cukup simpel, yang harus dilakukan yaitu siapakan  5-6 lembar daun jambu biji dan 1 liter air. Kemudian :

  • Bersihkan daun jambu biji dengan air
  • Rebus daun jambu biji yang sudah dibersihkan dengan 1 liter air selama 10 menit
  • Selanjutnya angkat dan saring air rebusan tersebut
  • Dinginkan air yang sudah disaring
  • Oleskan pada rambut hingga kulit kepala sambil memijat kepala
  • Diamkan selama 2 jam atau lebih
  • Bilas dengan air mengalir


Nah itulah cara alami dan mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kebotakan. Untuk cara alami ini kamu tidak perlu khawatir, karena tidak memiliki efek samping seperti cara diatas. Memang untuk mengatasi atau mengobati kebotakan tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat, kamu harus melakukannya dengan sabar dan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel