Kebotakan Dini, Berikut 7 penyebab terjadinya kebotakan pada pria maupun wanita

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, ya letaknya yang berada diatas kepala tentunya mempunya tujuan dan manfaat bagi diri kita, mulai dari melindungi kulit kepala hingga membuat kita tampil lebih percaya diri.

Nah, bagaiamana jika rambut kita mengalami kerontokan, tentunya akan membuat kita menjadi risih bukan, apalagi bagi kita yang masih muda. Karena rambut sangat mempengaruhi gaya atau pun penampilan kita.

Kebotakan dini

Sayangnya, kebotakan rambut tidak memandang usia, baik masih muda hingga sudah berumur lebih tua mempunyai resiko untuk terjadinya kebotakan. bahkan kebotakan pada anak pun sering dijumpai kasusnya.

Lantas apa sih penyebab kebotakan dini pada pria maupun penyebab kebotakan dini pada wanita? kenapa bisa rambut mengalami kebotakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan dibawah ini ya :

Faktor Genetik

Penyebab kebotakan yang pertama yaitu genetik. Ya, faktor keturunan ini memanglah yang paling sulit untuk dihindari atau bahkan tidak bisa dihindari, dikarenakan gen tersebut didapat dari orang tua kita. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkannya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan perawatan kulit kepala dari dokter.

Hormon Tidak Seimbang

Selain oleh faktor genetik, penyebab terjadinya kebotakan dini yang sulit dihindari juga yaitu akibat ketidakseimbangan hormon. Hal ini sering terjadi pada perempuan saat sedang mengalami menstruasi atau pun dialami oleh seseorang karena stress. Cara pengamanan yang aman untuk menanganinya yaitu dengan berkonsuoltasi langsung dengan dokter spesialis kulit kepala.

Produk Perawatan Rambut

Berhati-hatilah dalam memilih produk untuk perawatan rambut, karena jika tidak cocok bagi kulit kepala atau rambut kita maka justru akan membuat rambut rontok berlebihan sehingga menyebabkan kebotakan berpola. Sebelum memilih produk perawatan rambut ada baiknya kenali dulu jenis kulit kepala serta permasalahannya untuk mendapatkan produk perawatan rambut yang tepat.

Penyebab kebotakan dini


Makanan

Ya makanan, tidak disangka ternyata kebutuhan kita yang satu ini juga dapat menjadi penyebab kebotakan dini. Tentunya tidak semua jenis makanan yah, karena ada beberapa jenis makanan tertentu seperti gorengan, makanan dengan kandungan bahan kimia, makanan dengan tinggi kandungan gula, bersoda dan lainnya. Tentunya semua jenis makanan tersebut boleh dikonsumsi namun tidak secara berlebihan.

Baca Juga : Masih Muda Sudah Uban-an? 5 Makanan Yang Dapat Memicu Tumbuhnya Uban Pada Usia Muda

Gaya Hidup

Gaya hidup yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab kebotakan dini pada perempuan maupun laki-laki. Beberapa kebiasaan buruk seperti sering mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda, merokok, begadang hingga tidak menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Oleh karena itu bagi kamu yang sedang mengalami kerontokan rambut sebaiknya perhatikan pola hidup sehat.

Stress

Salah satu penyebab kebotakan yang sering dialami oleh seseorang yaitu karena faktor stres, karena stress dapat membuat hormon kita menjadi tidak stabil. Karena itu, sangat penting untuk menjaga pikiran agar tidak megalami stress. Sering-sering lah untuk menenagkan pikiran seperti liburan, bersantai, berkumpul bersama keluarga ataupun teman untuk menghilangkan penat.

kerontokan rambut

Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kebotakan, seperti kanker dan lupus. Bagi penderita kanker, kebotakan terjadi akibat kemotherapy yang dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker. Namun, juga akan membunuh atau mengahancurkan hormon penumbuh rambut.

Baca Juga : HINDARI, ini 5 Kebiasaan yang Membuat Wajah Jerawatan pada Pria

Nah, itulah beberapa penyebab kebotakan rambut dini yang sering dialami baik oleh pria maupun wanita, bagi kamu yang mengalami masalah kerontokan rambut yang berlebih, baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk memeriksa dan mengobati masalah rambut tersebut sebelum terjadinya  kebotakan yang permanen.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel