Alasan Kenapa Saat Siku Terbentur Terasa Kesetrum

Pasti kita pernah mengalami siku terbentur di meja, dinding, pintu, kursi dan lain-lain, entah di sengaja ataupun tidak sengaja, lalu kemudian terasa seperti ada sensasi listrik yang menjalar dari siku ke seluruh tubuh kita yang membuat kaget dan bahkan terasa sakit.

Alasan Kenapa Saat Siku Terbentur Terasa Kesetrum
Siku Terbentur Terasa Kesetrum

Nah, sebenarnya apasih yang terjadi, kenapa bisa saat siku terbentur terasa kesetrum, apakah tubuh kita ini mengandung aliran listrik?

Baiklah, kali ini Sribualasan akan membahas mengenai Alasan Kenapa Saat Siku Terbentur Terasa Kesetrum. Yuk simak ulasannya dibawah ini:

Apa sih yang menyebabkan?

Hal ini terjadi sebenarnya karena saraf yang berada di siku yang bernama “Ulnaris” terbentur. Saraf Ulnaris sendiri merupakan saraf yang menjalar di sepanjang bahu sampai ke ujung jari kelingking. Kalau dibagian tubuh lain, saraf ditutupi sama otot dan lemak, sehingga jarang terbentur langsung.

Berbeda dengan saraf Ulnaris yang ada di siku, bisa dibilang sangat minim perlindungan, makanya saat tersenggol sedikit saja terkadang buat kita kaget dan rasanya ingin berteriak karena terasa seperti ada yang menyetrum.

Baca Juga: Teh Susu, Alasan Kenapa Tidak Boleh Mencampur Teh dan Susu, Bahaya?

Kenapa rasanya kayak kesetrum? Apakah di dalam tubuh kita punya kekuatan listrik? 

Pada kenyataanya bukan karena itu, tapi kembali lagi karena saraf kita memang super super sensistif. Sistem saraf pada tubuh manusia memang terbentang dari leher sampai ke ujung jari kelingking dan fungsinya sendiri yaitu untuk merasakan benda yang panas, dingin, kasar, halus, sampai untuk menggerakkan tangan dan kaki.  Semuanya itu bisa terjadi berkat sistem canggih ini (saraf).

Itulah kenapa kalau saraf di siku kena benturan mendadak, maka sinyal rasa sakit langsung dikirim ke saraf yang ada di tulang belakang lalu kemudian sampai ke otak dan bikin sensasi kedut-kedut mirip sengatan listrik. Benturan ini jugalah yang bikin saraf kita syok dan tangan kita pun kaku untuk beberapa waktu. 

Meski siku yang terbentur tidak melibatkan aliran listrik, namun tubuh kita pun dapat kesetrum walau tanpa memegang colokan. Yah itu karena kita menyerap ion-ion negative lewat kegiatan sehari-hari saat memegang benda bermuatan netral, dan ion-ion itu pun beraliran dari tangan kemudian  bikin sensasi nyetrum yang lumayan menyakitkan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Sebelum Operasi Harus Puasa, Sangat Penting

Jadi intinya, siku terbentur terasa kesetrum itu dikarenakan oleh saraf yang kesenggol dengan keras, sehingga timbul sensasi seperti ada aliran listrik. Memang sih bukan kesetrum beneran, tapi rasanya mirip mirip dengan kesetrum aliran listrik kecil ya kan. 

Oleh karena itu, bagian tubuh yang satu ini memang meski di jaga dari benturan agar tidak membuat kaget kita karena sensasi kesetrum yang dihasilkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel