Bercak Putih Mirip Panu Pada Bayi, Ini Penjelasannya

Bercak Putih Mirip Panu Pada Bayi
Bercak Putih Mirip Panu Pada Bayi

Jika muncul bercak putih mirip panu pada bayi tersayang, tentunya cukup meresahkan bagi ibu-ibu yang sedang memiliki buah hati terutama pada usia 12 bulan ke bawah.

Seringkali para ibu bertanya-tanya mengenai bercak putih yang muncul di area muka ataupun badan tersebut, apakah itu penyakit kulit panu pada bayi ataupun merupakan jenis penyakit kulit lain?

Baiklah kali ini Sribualasan akan menjelasakan mengenai bercak putih seperti panu pada bayi. 

Penyakit kulit berupa bercak putih yang bentuknya mirip seperti panu pada bayi baik itu diwajah ataupun bagian tubuh lain seperti lengan, dagu, pundak, punggung dan lainnya sebenarnya disebabkan oleh jamur Pityriasis alba.

Apa itu Pityriasis alba ?

Pityriasis alba ini merupakan istilah medis yang diambil dari kata Pityriasis (bersisik atau berkerak) dan Alba (putih). Nah dari kata tersebut kita sudah dapat mengetahui jika pityriasis alba merupakan suatu gangguan kulit yang dapat dicirikan bersisik atau berkerak dengan warna putih, yang mirip dengan panu pada bayi.

Pada kasus yang sering dijumpai, biasanya kulit bayi akan terlihat seperti bercak putih dengan bentuk oval serta kemerahan pada area disekitar kulit tersebut yang ukurannya berkisar antara 1 sampai 5 cm dan tampak gatal.

Biasanya, bayi akan tampak sering menggaruk pada area tersebut yang menunjukkan bayi tersebut merasa gatal, sehingga bayi akan sedikit risih dalam kondisi tersebut.

Baca Juga: Ampuh, Cara Mengatasi Kebotakan Dengan Mudah dan Alami

Penyebab Pityriasis Alba ?

Untuk penyebab pastinya belum diketahui, namun penyakit kulit ini disebut-sebut terjadi karena hipopigmentasi pada kulit. Bayi akan lebih beresiko terkena pityriasis alba jika menderita eksim.

Pada bayi yang mengalami eksim, kemampuan kulit yang berperan sebagai pelindung tubuh akan menurun.

Awalnya bercak putih pada kulit bayi ini hanya berdiameter kecil seperti bintik-bintik, namun makin lama akan semakin besar dan meluas hingga berdiameter 4-5 cm dan akan sedikit memudar warnanya, namun dapat bertahan dalam beberapa bulan hingga tahun.

Jika dihubungkan dengan eksim, maka bercak-bercak putih yang mirip dengan panu pada bayi ini bisa jadi dikarenakan oleh system kekebalan tubuh yang bereaksi agresif terhdap hal yang menjadi pemicunya. Sehingga sistem kekebalan tubuh hanya akan menyerang protein substansi berbahaya seperti bakteri ataupun virus. 

Jika bayi sedang menderita eksim, maka sistem kekebalan tubuh pada bayi tidak bisa lagi membedakan mana yang berbahaya dan mana yang tidak. Namun sebaliknya, sistem imun malah menyerang substansi sehat dalam tubuh dan menyebabkan terjadinya pityriasis alba.

Apakah Berbahaya?

Kelainan kulit pityriasis alba ini bisa dibilang tidak terlalu berbahaya dibandingkan penyakit kulit lain yang sering menyerang bayi ataupun anak. Namun, sebagai orang tua tentunya risih dengan keadaan tersebut sehingga berupaya untuk mencari pengobatan.

Baca Juga : Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami dan Mudah, Berikut Caranya

Jika tidak khawatir dan bisa bersabar, sebenarnya pityriasis alba pada bayi ini tidak perlu ditangani dengan obat karena akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa waktu. 

Tapi, baiknya periksakanlah hal tersebut kepada dokter anak ataupun dokter kulit agar mengetahui penyebab, resiko dan mendapatkan solusi untuk mengatasinya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel