Deretan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Tanaman Obat Sejak Nenek Moyang

Daun kelor adalah salah satu jenis sayur yang sangat popular bagi masyarakat Indonesia, daun yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena selain mudah didapatkan, daun kelor juga disebut-sebut memilki banyak manfaat.

Deretan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Tanaman Obat Sejak Nenek Moyang
Deretan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Manfaat daun kelor sudah tidak diragukan lagi dikalangan masyarakat, ada yang percaya jika manfaat daun kelor untuk kesehatan sangat baik, hingga manfaat daun kelor untuk gaib sering kali beredar.

Sehingga tidak heran jika daun kelor ini banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi sayur, diolah menjadi teh ( teh daun kelor), dan ada juga yang mengolahnya khusus untuk dijadikan obat.

Secara ilmiah, daun kelor terbukti sangat bermanfaat karena memiliki kandungan yang sangat bagus bagi tubuh, karena manfaatnya yang banyak ini, daun kelor seringkali dijuluki sebagai super food. 

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan Sribualasan berikut ini :

Deretan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Tanaman Obat Sejak Nenek Moyang
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Menyuplai Gizi Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli, diketahui jika daun kelor memiliki kandungan yang melebihi gizi pada wortel, jeruk, bayam, pisang hingga susu. Selain itu, daun kelor juga rendah lemak serta kolesterol jahat. Daun kelor juga memiliki kandungan folat, kalsium, niasin, vitamin V6 dan thiamin.

Mengatasi Asma

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit asma, sangat cocok untuk mengkonsumsi daun kelor karena kandungannya yang bagus. Selain dapat menurunkan tingkat keparahan pada penderita penyakit asma, daun kelor juga terbukti dapat mengurangi berbagai gangguan pada pernapasan.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan rajin mengkonsumsi daun kelor, dapat memperlancar pencernaan kita, hal ini karena adanya kandungan antibakteri dan antibiotic yang dapat mencegah pertumbuhan kuman dan pathogen.

Selain melancarkan pencernaan, daun kelor memiliki kandungan vitamin B yang akan menjaga pencernaan kita tetap sehat.

Pertumbuhan Tulang

Daun kelor mimiliki kandungan yang dapat membantu pertumbuhan tulang seperti kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan dan menjaga tulang tetap kuat. Selain itu, kandungan daun kelor dapat mengobati radang sendi serta memulihkan ligament yang rusak.

Menyehatkan Kulit

Daun kelor adalah jenis sayur yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, bahkan kandungan vitamin C yang ada pada daun kelor 7 kali lebih banyak dari sebuah jeruk. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan pada daun kelor ini bisa membantu membuat kulit kita menjadi lebih sehat hingga manfaat daun kelor untuk wajah kita yang mulus.

Baca Juga: 7 Manfaat Si Pahit Pare, Ini Yang akan kita dapatkan ketika mengkonsumsi Pare

Kesehatan Mata

Manfaat daun kelor untuk kesehatan mata sangat baik karena daun kelor tinggi akan kandungan vitamin A. Bahkan, kandungan vitamin A pada daun kelor 4 kali lebih banyak dari wortel. Oleh karena itu, daun kelor sangat baik dikonsumsi terutama untuk menjaga kesehatan mata kita.

Manfaat daun kelor untuk mata ini juga bisa dijadikan obat bagi beberapa penyakit atau gangguan pada mata. Cara menggunakannya yaitu dengan mengkonsumsi atau dengan membasuh bagian mata dengan air rebusan daun kelor. Langkah tersebut dilakukan setiap hari hingga kondisi mata membaik dan sembuh.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sangat harus diwaspadai, kandungan daun kelor yang tinggi akan antioksidan dan potassium dapat membantu tubuh untuk mencegah kanker. Jika dikonsumsi secara rutin, daun kelor berkhasiat dalam memperlambat pertumbuhan kanker dan juga bisa membantu menyingkirkan kanker dalam tubuh.

Kandungan potassium dalam daun kelor 3 kali lebih banyak dari kandungan potassium yang ada pada buah pisang.

Baca Juga: Stop Buang, Ini Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Nah itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang memiliki kandungan sangat baik dan penting bagi tubuh kita. Selain untuk kesehatan, manfaat daun kelor untuk gaib juga dipercaya sangat baik dan mujarab, meskipun tidak dapat ditunjukkan secara ilmiah.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel