Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh, Terbukti Ampuh Mengatasi Deretan Penyakit Ini

Temulawak, kunyit, jahe dan kencur merupakan contoh dari rempah-rempah yang berasal dari Indonesia dan memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Namun, apakah kamu termasuk orang yang bisa membedakan bentuk dari ke empat tanaman tersebut? 

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh,  Terbukti Ampuh Mengatasi Deretan Penyakit Ini
Temulawak

Eh tapi kali ini Sribualasan tidak membahas menegenai perbedaan bentuk, warna, ataupun khasiat dari ke empat tanaman tersebut, melainkan salah satunya, yaitu Temulawak.

Di Indonesia, Temulawak berguna untuk bahan dasar obat ramuan herbal seperti jamu atau kerap kali dijadikan sebagai campuran masakan khas kuliner sejak jaman nenek moyang yang terus diturunkan hingga saat ini.

Bukan hanya di Negara kita, Di Tiongkok misalnya, Temulawak berguna untuk mengobati berbagai penyakit seperti asam lambung hingga diolah menjadi cream temulawak untuk mengobati luka.

Memang sih tanaman ini sudah sangat populer, namun masih banyak juga yang belum tahu kandungan serta manfaat dari temulawak. Temulawak mengandung kurkumin yang memang dikenal akan bebagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Selain kurkumin, temulawak memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan dapat mencegah beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

Di tengah pandemic ini, temulawak banyak diincar karena terbukti dapat meningkatkan imun kita. Lalu apa saja manfaat bagi kesehatan tubuh? Simak ulasannya dibawah ini :

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh,  Terbukti Ampuh Mengatasi Deretan Penyakit Ini
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Bakteri dan Jamur

Dengan adanya kandungan zat antibakteri dan zat antijamur pada temulawak, sehingga tanaman ini ampuh dalam membasmi berbagai bakteri. Jenis bakteri yang dapat diatasi dengan zat antibakteri yang terkandung dalam temulawak yaitu Staphylococcuss dan Salmonell.

Mencegah Obesitas

Kandungan antiradang yang ada pada temulawak dapat mencegah tubuh kita dari terjadinya obesitas atau diabetes. Seperti pada penjelasan diatas, temulawak memiliki kandungan kurkumin yang dapat menstabilkan kadar gula dalam darah yang dapat memicu diabetes.

Selain itu, kandungan yang ada pada temulawak berguna untuk mengatur kadar lemak dalam tubuh yang memicu terjadinya obesitas.

Menjaga Kesehatan Liver (Hati)

Hati memiliki tugas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, yaitu untuk membersihkan darah dan menetralkan racun dalam tubuh. 

Berdasarkan dari hasil riset oleh Science Research Journal, kandungan yang ada pada temulawak memiliki manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin seperti acetaminophen dan karbon tetraklorida. Hepatotoskin adalah bahan kimia yang dapat memeberi efek buruk pada hati.

Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University Of Maryland Medical Center, temulawak terbukti mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan Koleterol

Dari hasil penelitian yang dilakukan dilaboratorium, temulawak dapat dijadikan sebagai obat antikolesterol. Banyak yang telah membuktikan saat mengkonsumsi temulawak secara rutin selama 4 minggu dapat menunujkkan hasil kadar koleterol total dalam darah menurun.

Baca Juga : Kentang, Serta Deretan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi Kentang

Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika mengalami masalah pencernaan, cobalah untuk mengkonsumsi temulawak. Temulawak berguna untuk meningkatkan produksi cairan empedu pada kantung empedu, sehingga membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh kita.

Selain itu, temulawak berguna untuk mengatasi masalah perut kembung, pencernaan yang tidak lancar, dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Banyak juga yang mengklaim jika temulawak berguna untuk mengobati asam lambung, namun hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, sehingga harus berhat-hati dalam mengkonsumsinya agar tidak malah sebaliknya justru memperparah.

Baca Juga : Deretan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Tanaman Obat Sejak Nenek Moyang

Nah, itulah pembahasan kita kali ini mengenai manfaat temulawak yang berguna untuk kesehatan. Sebagai warga Negara Indonesia, kita patut bersyukur karena tanaman ini mudah ditemukan bahkan banyak juga yang menjual produk olahan dari bahan dasar temulawak seperti jamu temulawak, minuan temulawak botol, hingga cream temulawak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel