Mengenal Penyebab Susah Tidur atau Insomnia Pada Remaja

Kali ini Sribualasan akan membahas mengenai penyebab-penyebab insomnia pada remaja. Seperti yang kita ketahui insomnia adalah gangguan tidur yang dapat menyebabkan sang penderita kesulitan untuk tidur, meskipun sang penderita memiliki cukup waktu untuk tidur. Insomnia ini baru disebut sebagai gejala, keluhannya insomnia, nanti penyakitnya atau gangguan yang lain bisa mengarah ke psikologi dll.

Mengenal Penyebab Susah Tidur atau Insomnia Pada Remaja

Remaja seringkali menjadi langganan bagi insomnia, baik itu insomnia akut hingga insomnia kronis. Penyebab insomnia pada remaja sendiri bermacam-macam, mulai dari kebiasaan, pikiran hingga karena faktor pikiran.

Ada banyak hal yang menyebabkan insomnia, hal-hal yang dapat menyebabkan insomnia meliputi:

Gangguan Psikologis

     Psikologis seseorang dapat menjadi pemicu insomnia, penyebab insomnia secara psikologis meliputi: Gangguan kecemasan seperti panik dan stres dapat membuat kamu susah untuk tidur. Setiap orang mengalami stres, tetapi mengapa hanya sebagian orang yang terganggu tidurnya karena stres? Hal ini tergantung bagaimana cara kamu merespon stres ini dan bagaimana cara kamu memanajemen stres yang kamu alami. 

Pada stress ringan insomnia yang mungkin terjadi hanyalah bersifat sementara atau akut, semakin berat stress yang dialami maka akan semakin mempengaruhi insomnia hingga menjadi insomnia kronis.

Gangguan kesehatan

     Orang-orang yang memiliki masalah dengan kesehatan cenderung untuk sulit tidur, gangguan kesehatan, di antaranya: 

  • Gangguan hormon, misalnya hipertiroidisme.
  • Gangguan jantung, misalnya gagal jantung dan angina.
  • Gangguan otot dan sendi
  • Gangguan organ kemih, misalnya pembesaran prostat atau inkontinensia urine.
  • Gangguan saraf
  • Gangguan tidur, misalnya restless leg syndrome.
  • Diabetes
  • Gangguan pernapasan.gangguan pencernaan, misalnya asma yang kumat di malam hari dan penyakit paru-paru yang sudah bertahun-tahun
  • Menderita nyeri kronis, misalnya diderita oleh mereka yang terkena kanker atau mereka yang habis kecelakaan.
  • Stroke, dll.

Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan kamu kesulitan tidur dimalam hari, antara lain:

  • Antidepresan, misalnya fluoxetine
  • Obat anti inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen
  • Obat asma, misalnya salbutamol, salmeterol, dan teofilin
  • Obat anti kejang
  • Obat stimulan, contohnya methylphenidate untuk menangani gangguan hiperaktif (ADHD) atau modafinil untuk menangani narkolepsi
  • Obat tekanan darah tinggi.
Mengenal Penyebab Susah Tidur atau Insomnia Pada Remaja
Penyebab Susah Tidur atau Insomnia

Faktor Lingkungan

 Lingkungan merupakan salah satu yang dapat menjadi penyebab terjadinya insomnia. Jadi kamu perlu memperhatikan lingkungan dimana kamu tidur :

  • Yang pertama adalah tempat tidur kamu atau kamar kamu, mungkin kamar kamu dalam keadaan berantakan atau kotor. Kamar yang berantakan atau kotor tentu membuat kamu tidak nyaman untuk beristirahat atau tidur di dalamnya. Jadi sebelum kamu tidur rapikanlah tempat tidur dan kamar kamu.
  • Yang kedua, sebelum tidur kamu mungkin bermain hp, jadi saya sarankan satu jam sebelum kamu tidur jangan bermain hp. Saat kamu bermain hp kamu kemungkinan membuka media social lalu kamu membaca berita-berita tentang kekerasan dan perdebatan yang terjadi di dunia politik dan berbagai hal lainnya, hal ini akan membuat kamu semakin susah untuk tidur karena otak anda akan terus dirangsang untuk berfikir.
  • Yang ketiga, menonton televisi. Kebanyakan dari kita sesaat sebelum tidur menonton televisi. Hal ini tentu tidak baik untuk kamu, kenapa? Karena tayangan dari televisi tidak semuanya baik, jika yang kamu tonton berita kekerasan, pembunuhan dan sebagainya. Hal itu akan merangsang otak kamu untuk terus untuk berfikir sehingga kamu semakin susah tidur.

Gaya Hidup Tidak Sehat

     Gaya hidup yang tidak sehat juga sangat berpengaruh khusunya pada remaja, seperti menyalah gunakan NAPZA dan mengkonsumsi minuman beralkohol maupun berkafein secara berlebihan.

     Ubahlah pola hidup kamu agar lebih sehat. Banyak dari kita yang tidur di pagi hari dan malam begadang. Jadi sebaiknya kamu mengurangi tidur di pagi sampai sore hari dan kamu berusaha tidur di malam hari, kita alamiahnya tidur di malam hari.

Baca Juga: Ketindihan Setan atau Makhluk halus? Begini Pandangan Medis Mengenai Ketindihan Saat Tidur

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi penyebab insomnia pada remaja, kebiasaan merupakan hal yang paling berperan dalam terjadinya insomnia atau susah tidur. Oleh karena itu jika sudah mengalami insomnia akut, upayakan untuk segera mengubah pola tidur dengan baik agar tidak berkelanjutan hingga menjadi insomnia kronis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel