6 Jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan

Jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan sebenarnya banyak sekali. Kamu hanya perlu memilih sesuai dengan passionmu sendiri. Misalnya passionmu di bidang obat-obatan, kamu bisa mengambil farmasi. Atau jika passionmu di bidang makanan, kamu bisa tuh mengambil jurusan ahli gizi.

6 Jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan
kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan

Jurusan ipa masuk fakultas apa saja? Sebenarnya jurusan IPA bisa masuk ke fakultas manapun. Kamu bisa masuk ke fakultas pendidikan, kedokteran, teknik, farmasi, manajemen, dan lain sebagainya. 

Hal yang paling penting adalah keniatan kamu menjalani jurusan yang telah kamu pilih. Berikut ini kami akan paparkan jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan. Beberapa jurusan ini mungkin bisa menjadi pilihan kamu untuk berlayar menata masa depan. 

Berikut 6 Jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan :

1. Pendidikan Kedokteran

Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar adalah jurusan Kedokteran. Bagaimana tidak, di Indonesia mahasiswa kedokteran jumlahnya hanya sedikit. Hal tersebut karena biaya kuliahnya yang memang sangat mahal.

Bagi kamu yang expert di pelajaran IPA, Kuliah Kedokteran mungkin bakalan lebih cocok. Karena kamu akan mempelajari mengenai penyakit yang dialami oleh makhluk hidup dan bagaimana cara menyembuhkannya. 

2. Keperawatan

Jurusan apa yang bagus untuk cewek? Keperawatan mungkin menjadi jurusan yang tepat untuk kamu nih. Pasalnya, di rumah sakit kebanyakan perawat adalah perempuan. 

Kebutuhan perawat di rumah sakit juga cukup besar. Apalagi di masa pandemi covid seperti sekarang ini, rumah sakit membutuhkan banyak perawat untuk membantu dokter mengurus pasien.

3. Farmasi

Ketika kamu mengambil jurusan farmasi, kamu akan dihadapkan dengan berbagai materi terkait obat-obatan. Kamu yang suka dengan pelajaran kimia saat SMA, bakalan enjoy menjalani perkuliahan. Pasalnya, materi yang akan dipelajari tidak akan jauh dengan zat-zat dalam obat.

Setelah menyelesaikan studi, kamu bisa melanjutkan pendidikan profesi. Nantinya setelah lulus pendidikan profesi, kamu bisa mendapatkan gelar apoteker (Apt.). Jadi nantinya kamu bakal memakai gelar S.Farm, Apt.

4. Kebidanan 

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang berikutnya adalah kebidanan. Jurusan ini memungkinkan kamu mempelajari tentang reproduksi wanita. Oleh karena itu, kebidanan hanya dikhususkan untuk perempuan saja.

Setelah lulus nanti, kamu bisa tuh bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas, atau bahkan membuka praktik sendiri. Tentunya ada beberapa tahapan yang harus dilalui ya.

5. Ilmu Gizi

Jika kamu masih bingung mencari jurusan yang tepat, coba kenalan dengan Ilmu Gizi. Jurusan ini bakal mempelajari mengenai kebutuhan gizi manusia. Selain itu, kamu juga akan diajak mempelajari gizi makanan yang diperlukan oleh tubuh. 

Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja di rumah sakit, industri makanan, atau bahkan menjadi praktisi gizi. Nantinya kamu bisa turut mengubah gizi buruk yang terjadi di Indonesia. 

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

6. Teknik Informatika

Apakah anak IPA bisa mengambil jurusan manajemen? Tentunya sangat bisa! Bahkan kamu mengambil jurusan Teknik Informatika juga bisa banget. 

Teknik informatika akan mempelajari mengenai teknologi. Kamu akan dihadapkan dengan coding-coding yang rumit. Tetapi sangat menantang sekali. 

Intinya sih bukan masalah jurusannya, tetapi keniatan kamu untuk mengambil jurusan tersebut. Karena nantinya di perkuliahan, kamu akan menghadapi banyak sekali perbedaan.

Kami selalu mengingatkan bahwa semua jurusan memiliki prospek yang cerah. Nah, yang bisa menjamin masa depanmu cerah tentunya dirimu sendiri. Jika kamu malas-malasan, mau kuliah di jurusan apapun juga hasilnya nol besar. 

Baca Juga : Alasan Mengapa Tenaga Medis Di Ruang Operasi Menggunakan Pakaian Berwarna Hijau Atau Biru

Jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan yang kami paparkan bisa kalian jadikan renungan dan pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah. Agar nantinya tidak menyesal setelah masuk jurusan tersebut. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel