8 Efek Samping Vaksin Sinovac Tahap 1 Pada Remaja

Sejauh ini efek samping vaksin sinovac tahap 1 terus dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Gejala yang mereka alami berbeda-beda, tergantung dari imunitas tubuhnya. Bahkan ada juga yang merasakan tanpa gejala sama sekali pasca vaksinasi. 

Efek Samping Vaksin Sinovac Tahap 1

Apakah vaksin covid-19 gratis? Ya, vaksin covid bisa kamu dapatkan secara gratis. Pemerintah telah berkomitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat melalui program vaksinasi. kamu bisa datang ke puskesmas terdekat untuk menjalani vaksinasi. Meskipun ada informasi yang mengatakan bahwa kita bisa menjalani vaksinasi mandiri. Artinya kita bisa vaksin dengan membayar sejumlah uang. 

Kehalalan dan Keamanan Vaksin Sinovac

Salah satu vaksin yang terus menjadi perbincangan adalah sinovac. Vaksin pabrikan china ini terus dipertanyakan oleh masyarakat mengenai keamanan dan kehalalannya. 

Apakah vaksin covid 19 buatan sinovac halal? MUI melalui laman resminya telah menetapkan dua hukum, pertama vaksin sinovac hukumnya halal atau suci. Kedua, MUI menegaskan bahwa vaksin buatan China itu bisa digunakan oleh umat Islam, selama keamanannya terjamin menurut ahli yang kredibel dan kompeten.

Selain itu, sinovac juga diperbincangkan lantaran setelah divaksin, muncul berbagai gejala pada tubuh. Padahal hal ini sudah sangat wajar karena sebagai proses adaptasi vaksin dengan imun di dalam tubuh. Istilah awalnya, imun di dalam tubuh mulai bersiaga dengan vaksin yang masuk ke tubuh. Sehingga muncullah gejala pasca vaksin atau KIPI.

Apa itu KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) COVID-19? KIPI merupakan efek yang terjadi setelah proses vaksinasi. Biasanya efek ini terjadi hanya sementara saja dan efeknya pun sangat ringan. Kejadian tersebut juga sangat wajar dan lumrah dialami, meski terkadang ada juga yang tidak merasakan efek tersebut. Hal ini bergantung pada imunitas tubuh masing-masing orang. 

Apa saja tanda reaksi alergi pada vaksin covid 19?  reaksi alergi yang umumnya muncul yakni demam, batuk, gatal-gatal, hingga sesak napas. Jika kamu merasakan gejala tersebut, kamu perlu menghubungi petugas medis yang melakukan vaksinasi. Agar nantinya kamu bisa mendapatkan pertolongan pertama, sehingga tidak menimbulkan efek yang lebih berbahayanya.

Efek Samping Vaksin Sinovac Tahap 1 Pada Remaja

Vaksin sinovac menjadi salah satu vaksin yang direkomendasikan untuk remaja berusia 13 hingga 17 tahun. Setelah menjalani vaksinasi, umumnya akan merasakan efek samping dari vaksin sinovac tersebut. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah divaksin sinovac.

1. Nyeri di titik bekas suntikan

Setelah melakukan vaksinasi, rasa nyeri biasanya muncul di bagian titik bekas suntikan. Rasa ini terjadi karena otot mengalami rangsangan terhadap jarum suntik. 

2. Sakit kepala

Efek samping lainnya yang akan dirasakan adalah sakit kepala. Rasa sakit ini akibat dari reaksi imun terhadap vaksin yang masuk ke dalam tubuh. 

3. Kelelahan

Kelelahan menjadi efek yang sering dirasakan oleh sebagian besar remaja. Mereka mengeluhkan rasa lemas yang muncul setelah vaksinasi menggunakan sinovac.

4. Nyeri otot

Biasanya remaja yang telah divaksin bakal mengeluhkan nyeri otot pada tubuh mereka. Sehingga mereka akan lemas menjalani aktivitas dan cenderung rebahan di kasur. 

5. Nafsu makan meningkat

Efek samping vaksin sinovac tahap 1 pada remaja yang berikutnya yakni nafsu makan jadi meningkat. Mereka akan merasa cepat lapar dan mudah mengantuk. 

6. Demam 

Demam disertai perasaan lemas dan pusing sering dirasakan remaja setelah melakukan vaksin sinovac. Biasanya tubuh juga akan merasakan dingin, sehingga pilek tak bisa terhindarkan.

7. Mual 

Merasa mual menjadi efek dari vaksin sinovac. Di beberapa kasus, rasa mual ini terjadi hanya pada orang dewasa. Sedangkan pada remaja, sangat minim ditemukan rasa mual setelah vaksinasi.

8. Muntah 

Sebenarnya efek samping ini sangat jarang, tetapi di beberapa remaja kadang mengalami muntah. Biasanya akan muntah selama beberapa saat saja.

Mungkin sebagian besar dari kamu akan bertanya, efek samping vaksin sinovac tahap 1 berapa lama? Sebenarnya lama dari efek samping ini tergantung masing-masing orang. Tetapi berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, efek samping vaksin sinovac akan terasa selama 3 hingga 7 hari. 

Jika tubuh kamu sedang drop dan daya tahan tubuh melemah, mungkin akan mengalami efek samping selama lebih dari seminggu. Tetapi jika tubuhmu sedang dalam keadaan baik, kamu hanya akan merasakan efek selama sehari atau dua hari saja. 

Baca Juga : Vaksin Bikin Orang Meninggal ? Apa betul sih, ini penjelasan lengkap tentang vaksin

Perawatan Pasca Vaksinasi 

Apa yang harus saya lakukan jika mengalami reaksi / gejala / keluhan setelah vaksinasi COVID-19? Setelah vaksinasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar tidak merasakan gejala yang berlebih. 

  • Makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup
  • Perbanyak minum air putih jika mengalami mual dan muntah
  • Minum obat penurun panas jika demam tinggi
  • Kompres pada titik bekas suntikan untuk mengurangi nyeri
  • Kurangi aktivitas berat agar tubuh tidak drop
  • Konsultasikan kepada dokter jika mengalami gejala yang berat

Selain beberapa perawatan di atas, kamu harus memperhatikan hal berikut guna menjaga tubuhmu tetap sehat. Apa saja sih? 

  • Memantau kondisi kesehatanmu secara rutin, bila tubuhmu drop jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter.
  • Mempersiapkan vaksinasi dosis kedua, biasanya vaksin sinovac dosis kedua akan diberikan setelah 4 minggu pasca disuntik vaksin. 
  • Menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, agar tetap aman dan terhindar dari virus corona. 
  • Membagikan pengalaman vaksinasi kepada keluarga, saudara, dan teman-teman. 

Efek samping vaksin sinovac tahap 1 pada remaja ini patut menjadi perhatian untuk kita semua. Jadi ketika kamu telah divaksin, kamu bisa mempersiapkan perawatan terbaik untuk tubuhmu agar tidak mengalami down. 

Baca Juga : 3 Jus Ampuh Mengembalikan Imun tubuh yang hilang

Selalu taati protokol kesehatan yang berlaku ya. Agar kita bisa terhindar dari penularan virus corona yang berbahaya. Jaga dan lindungi keluarga kita dari bahaya virus covid 19.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel