Diet Telur Rebus, Jangan Asal! Begini Cara Melakukan yang Benar

Tubuh sehat, langsing, dan indah menjadi idaman para wanita. Mereka kadang rela melakukan program diet ketat demi memiliki tubuh ideal. Salah satu yang populer untuk dicoba adalah diet telur rebus. 

Diet Telur Rebus, Jangan Asal! Begini Cara Melakukan yang Benar
Diet Telur Rebus

Apakah telur rebus bisa menurunkan berat badan? Tentunya bisa! Asalkan dibantu dengan pola makan yang benar dan olahraga yang teratur. 

Kalau hanya memakan telur rebus setiap hari tanpa menjaga pola makan dan tidak berolahraga, tentunya diet telur rebus tidak akan berhasil. 

Sebenarnya, diet telur rebus itu apa? Sesuai namanya, diet ini melibatkan telur sebagai sumber tenaga untuk tubuh. Tubuh hanya akan mendapatkan protein dan mineral dari telur rebus. 

Diet ini memungkinkan kamu untuk mengkonsumsi beberapa butir telur dalam sehari. Kombinasi makanan yang dimakan juga harus disesuaikan agar tidak menimbulkan kesenjangan antar nutrisi. Untuk melakukan diet ini, kamu harus bersiap karena tidak diperkenankan makan makanan dengan kandungan karbohidrat, lemak, dan gula berlebih. 

Berapa telur rebus untuk diet? Jumlah telur yang dapat kamu konsumsi dalam sehari tergantung dari kondisi tubuhmu. Jika kamu memiliki aktivitas fisik yang lebih, tentu telur yang dikonsumsi juga harus lebih banyak. 

Manfaat Telur Rebus 

Sebelum kita membahas mengenai diet telur rebus, kita harus tahu manfaat dari telur rebus itu sendiri. Dikutip dari berbagai sumber, kami merangkum manfaat telur rebus sebagai berikut.

1.  Kaya akan nutrisi

Telur menjadi sumber protein hewani yang sangat murah. Pasalnya, dalam sebutir telur, terkandung vitamin B12, B2, B5, Vitamin A hingga Selenium. 

Selain itu, kamu juga akan menjumpai nutrisi penting seperti kalium, zat besi, kalsium, mineral, zinc, vitamin E, folat, dan lain sebagainya. 

Nutrisi tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Agar nantinya tubuh bisa bergerak dan tidak merasa lemas. 

2. Rendah Kalori

Kalori berlebih bisa menyebabkan tubuh menjadi gempal dan berlemak. Tentunya hal ini sangat tidak mengenakkan karena semua orang menginginkan tubuh langsing dan indah. 

Satu butir telur mengandung 78 kalori. Kalori rendah inilah yang bisa membuat tubuh menjadi langsing. Karena kita bisa lebih menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

3. Meningkatkan metabolisme

Dikutip dari berbagai sumber, metabolisme yang baik akan menghasilkan sistem pencernaan yang baik. Ketika metabolisme tubuh lancar, maka akan mempercepat pembakaran kalori. Sehingga nantinya, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan cepat langsing. 

Jika kamu mengonsumsi telur, mka metabolisme dalam tubuhmu akan bekerja lebih ekstra hingga 30%. Tentunya hal ini akan membantu untuk membakar kalori di dalam tubuh.

4. Memberikan efek kenyang lebih lama

Biasanya efek kenyang lebih lama disebabkan karena makanan bernutrisi tinggi. Nah ketika kamu mengonsumsi telur, kamu juga akan merasakan kenyang lebih lama. Hal ini karena telur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang amat tinggi, sehingga kamu tidak akan merasa cepat lapar. 

Cara diet telur rebus turun 10kg

Manfaat telur rebus untuk diet dapat kamu rasakan hasilnya dengan cepat. Bahkan di beberapa kasus, ada yang bisa menurunkan berat badan mereka hingga 10kg dalam waktu dua minggu saja. 

Tentunya hal tersebut harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini kami kan sajikan tiga cara diet telur rebus yang benar. 

Cara Diet Telur Rebus
Cara Diet Telur Rebus

Cara pertama: Diet telur rebus sederhana

Cara ini dilakukan dengan mengonsumsi telur rebus setiap hari dan wajib menghindari makanan berminyak, gula, hingga karbohidrat tinggi. 

Kamu hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan lain yang memiliki karbohidrat rendah. Selain itu disarankan juga untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan rendah gula. 

Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sarapan: Dua butir telur dikombinasikan dengan sayur rendah. 
  • Makan siang: Kamu bisa mengonsumsi makanan rendah lemak. 
  • Makan malam: Pilihlah beberapa butir telur kemudian dikombinasikan dengan beberapa makanan lain.
Perlu dicatat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus menghindari cemilan. Selain itu, kamu juga harus rajin berolahraga setiap hari agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.  

Cara kedua: Diet telur rebus dengan jeruk bali

Cara ini mengkombinasikan antara jeruk bali dengan telur rebus. Dalam sehari diwajibkan untuk mengonsumsi jeruk bali sebagai pendukung untuk memperlancar pencernaan. 

Pada cara kedua ini, aturannya masih sama, yakni kamu diwajibkan menghindari cemilan dan makanan dengan berkarbohidrat, gula, dan lemak yang tinggi.

Untuk menerapkannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sarapan: Kamu bisa mengonsumsi dua butir telur dikombinasikan dengan satu siung jeruk bali merah.
  • Makan siang: Kamu bisa mengkonsumsi daging dengan sayuran rendah lemak dan kalori.
  • Makan malam: Kamu bisa mengkonsumsi telur rebus dikombinasikan dengan ikan dan jeruk bali. 

Cara ini terbukti ampuh karena dorongan dari jeruk bali. Jeruk bali juga bisa menjaga kadar vitamin C dalam tubuh tetap optimal. Sehingga tubuh kamu tidak akan lemas. 

Untuk menurunkan berat badan 10kg dalam dua minggu, kamu wajib mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Dengan demikian hasil yang didapat akan jauh lebih maksimal. 

Cara ketiga: Diet telur rebus dengan anggur

Cara ketiga ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama dan kedua. Hanya saja, untuk cara ini kamu tidak diperkenankan mengkonsumsi buah lain selain anggur. 

Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sarapan: Cobalah untuk melahap dua butir telur dengan sebutir anggur
  • Makan siang: Pilihlah makanan rendah lemak, gula, dan karbohidrat.
  • Makan malam: Kamu bisa mengkombinasikan telur dengan anggur lagi. 

Anggur disini fungsinya sebagai penyeimbang nutrisi tubuh. Karena jika tidak diimbangi dengan buah anggur, bisa-bisa tubuh cepat sakit gara-gara kebanyakan protein. 

Selalu ingat untuk berolahraga agar kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dari program diet. Tanpa olahraga teratur maka program diet yang kamu jalani bakal gagal. 

Kapan waktu terbaik makan telur rebus untuk diet? Sangat dianjurkan makan telur rebus di pagi hari. Hal ini karena telur akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Sehingga di siang hari, kita bisa mengontrol makanan yang akan dikonsumsi. 

Bahaya diet telur rebus

Program diet telur rebus tentunya juga memiliki efek samping yang tak kalah mengerikannya. Karena yang dikonsumsi adalah makanan yang berprotein tinggi, tentu ada saja organ tubuh yang harus bekerja lebih ekstra dan menanggung beban yang cukup berat. 

Efek samping dari diet telur rebus adalah munculnya masalah pencernaan akibat kurangnya serat dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, karena basisnya adalah diet protein, tentu bisa menimbulkan penyakit jantung, paru-paru, kolesterol, hingga diabetes. 

Tetapi masalah umum yang sering muncul adalah timbulnya jerawat pada wajah, alergi, hingga hormon tak seimbang. 

Diet telur rebus memang menjanjikan kita mendapatkan tubuh ideal dalam waktu yang singkat. Tetapi bukan berarti kita hanya memakan telur saja tanpa mengkonsumsi sayur dan buah yang telah dianjurkan.

Baca Juga : Menelan Permen Karet Berbahayakah? ini yang akan terjadi

Bagaimanapun juga, buah dan sayur mampu menjaga tubuh kita tetap sehat dan kuat setiap hari. Oh iya, selalu pastikan untuk berolahraga setiap hari ya. Karena dengan begitu, diet telur rebus yang kamu jalani bisa memberikan hasil yang maksimal. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel