Masalah Bau Badan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar orang berpikir penyebab utama dari terjadinya masalah bau badan adalah keringat. Berkeringat adalah suatu hal yang normal sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi kulit dan mengatur suhu tubuh. 

Bau Badan

Saat cuaca sedang panas atau saat kita banyak melakukan aktifitas seperti olahraga, bekerja berat, maka suhu tubuh akan meningkat. Untuk menstabilkan suhu tubuh agar kembali normal, tubuh akan mengeluarkan keringat.

Keringat terdiri dari air, laktat, urea, mineral (kalium, magnesium, natrium), kandungan garam yang ada pada keringat ini lah yang menjadi alasan mengapa keringat rasanya asin.

Komposisi air, laktat, urea dan mineral dalam keringat setiap orang berbeda, tergantung apa yang dimakan dan diminum. Keringat keluar dari kelenjar keringat (kelenjar ekrin  dan kelenjar apokrin). 

  • Kelenjar ekrin terdapat diseluruh tubuh dan menghasilkan keringat dengan konsistensi lebih cair yang biasanya tidak berbau.
  • Kelenjar apokrin berada di ketiak dan area genital yang menghasilkan keringat lebih lengket dan kaya akan bahan organic yang jika kontak dengan bakteri bisa menghasilkan bau yang tidak sedap.

Dalam dunia kedokteran, ada beberapa masalah keringat yang umum terjadi yaitu Hiperhidrosis, Kromhidrosis dan Bromhidrosis.

Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah masalah keringat berlebih tapi tidak berbau, contohnya ketika seseorang tiba-tiba berkeringat banyak di telapak tangan maupun kaki padahal tidak sedang melakukan aktifitas berat. Ini disebut Hiperhidrosis local yang biasanya disebabkan oleh kelainan regenasi saraf simpatis yang terlalu aktif atau gangguan psikis.

Ada juga hyperhidrosis menyeluruh diseluruh tubuh yang mungkin akibat dari gangguan saraf otonom atau akibat dari penyakit sistemik, gangguan endokrin atau efek samping obat.

Baca Juga : Cara Alami Yang Efektif Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Kromhidrosis

Kromhidrosis adalah suatu gangguan keringat yang dihasilkan berwarna dan disertai sensasi gatal dan panas yang biasanya muncul diketiak. Tapi, kondisi ini sangat jarang ditemukan.

Bromhidrosis

Bromhidrosis adalah suatu istilah kedokteran untuk keringat yang berbau tidak sedap. Penyebab bromhidrosis sendiri yaitu karena produksi keringat yang berlebih yang dihasilkan kelenjar apokrin.

Kelenjar apokrin tidak berfungsi sampai pada masa pubertas jadi bau badan sering dialami setelah masa pubertas. Bromhidrosis lebih banyak ditemukan pada pria dibandingkan wanita, pada orang dengan obesitas, pada ras kulit hitam dibandingkan kulit putih.

Selain itu, bau badan juga dipengaruhi oleh factor hormonal, genetic dan factor makanan. Makanan seperti bawang putih, bawang merah, cabai, merica, cuka, keju, lobak, produk susu fermentasi, ikan asin, dan daging dapat  mempengaruhi bau badan.

Cara Mengatasi Bau Badan 

Untuk mengatasi bau badan bisa dimulai dengan cara yang sederhana seperti rutin mandi, membersihkan ketiak dan mencukur bulu ketiak, mengganti pakaian terutama saat berkeringat, menggunakan sabun anti bakteri, menghindari beberapa jenis makanan penyebab bau badan, menggunakan deodorant atau antiperspirant hingga menggunakan parfum.

  • Antiperspirant mengandung AICI3 yang berfungsi untuk mengurangi jumlah keringat dengan menghadang pori-poori diketiak. 
  • Deodorant mengandung antimicroba dan pewangi yang berfungsi mengurangi bau badan tetapi tidak mengurangi produksi keringat.

Saat ini, sudah banyak dikembangkan kombinasi antara deodorant dan antiperspirant untuk mengurangi masalah bau badan yang lebih baik.

Baca Juga : Menghilangkan panu dengan bahan alami dan mudah, Berikut caranya

Jika langkah-langkah diatas masih tisak bisa untuk mengatasi bau badan, ada beberapa terapi yang ekstrim sperti suntikan botox di daerah tertentu yang sering berkeringat, operasi pengangkatan kelenjar apokrin atau dengan sedot lemak dibagian tubuh tertentu, namun semuanya harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan efek samping yang berkelanjutan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel