Menelan Permen Karet Berbahayakah? Ini yang akan terjadi

Menelan Permen Karet Berbahaya Kah?

Mengunyah permen karet memang adalah kegiatan yang menyenangkan. Beberapa hasil penelitian telah membuktikan jika mengunyah permen karet bisa membuat kita menjadi lebih relaks karena menurunkan hormon kortisol dalam tubuh.

Menelan Permen Karet Berbahayakah? Ini yang akan terjadi
Menelan Permen Karet Berbahayakah

Jenis permen karet pun kini bermacam-macam, mulai dari yang manis seperti permen karet big babol, permen karet yosan, permen karet mint, permen karet tanpa gula hingga permen karet untuk asam lambung.

Tapi pernahkah kamu berpikiran, dampak menelan permen karet yang kita kunyah? Bahaya gak sih? Katanya sih dapat menyebabkan usus lengket hingga kematian loh, benar gak sih? Yuk simak ulasan dibawah ini:

Permen Karet Terbuat Dari Apa?

Awalnya, permen karet dibuat dari getah pohon yang dikumpulkan, tapi karena perkembangan zaman, sekarang bahan bakunya bersal dari “plastik dan karet sintetik” atau dikenal dengan “Butyl Rubber” karena lebih mudah didapatkan. 

Proses pembuatannya pun terbilang sederhana. Bahan dasar permen karet ditambahkan dengan pewarna dan perasa lalu kemudian diaduk, saat adonan sudah merata lalu ditambahkan pemanis kemudian dipanaskan dan kemudian kembali diaduk lagi, setelah semuanya selesai, adonan ini diolah, dipotong, dikemas lalu dipasarkan.

Menelan Permen Karet Berbahayakah? Ini yang akan terjadi

Permen Karet Bisa Ditelan?

Pada dasarnya makan merupakan aktifitas yang memang harus kita lakukan untuk mendapatkan energi. Saat makan kita akan melakukan 3 aktifitas, yaitu mengunyah, menelan dan mengolah. Makanan yang biasa kita konsumsi melalui proses yang normal dikunyah agar teksturnya menjadi lebih kecil, ditelan untuk lanjut ke perut, masuk untuk dicerna didalam tubuh dan saat diolah. Makananan-makanan ini dipilih sebagian menjadi energi dan sebagian lagi dibuang dari dalam tubuh. 

Sayangnya permen karet tidak mengikuti aturan ini, saat dikunyah permen karet tidak akan mengecil dan ketika kita menelannya tidak akan bisa dicerna, enzim dan asam lambung kita tidak akan kuat untuk menyentuh karet sintetik yang menjadi bahan dasar dari permen karet. Tapi tubuh kita cukup pintar untuk memilih makanan yang harus dibuang seperti permen karet ini akan keluar bersama sampah-sampah lainnya dalam 2 sampai 3 hari.

Jadi kesimpulannya ialah jikalau ditelan karena gak sengaja sih boleh-boleh aja, akan tetapi kalau sering menelan permen karet dengan sengaja itu sih cari penyakit namanya, hihhi.

Baca Juga : Teh Susu, Alasan Kenapa Tidak Boleh Mencampur Teh dan Susu, Bahaya?

Dampak Menelan Permen Karet

Permen karet yang masuk kedalam tubuh bisa menghambat bahkan menyumbat saluran pencernaan dan dapat menimbulkan “Bezoar” atau kumpulan benda yang tidak bisa dicerna didalam perut. Kalau saluran cerna kita mampet maka siap-siap aja buat ngalamin sakit perut, susah BAB hingga mengalami gangguan pencernaan lainnya.

Kasus ini pernah menimpa seorang perempuan yang sering menelan permen karet hingga 5 kali sehari loh, dan akhirnya perempuan ini harus dioperasi agar permen karet itu dapat dikeluarkan supaya saluran cernanya dapat kembali normal.

Baca Juga : Diet Telur Rebus, Jangan Asal! Begini Cara Melakukan Yang Benar

Jadi intinya jangan sampai menelan permen karet yah, karena dapat mengganggu saluran pencernaan kita, masih banyak kog makanan lain yang nikmat dan dapat membuat perut kita kenyang. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel