Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur, Mudah! Begini Caranya

 Hidung tersumbat yang umumnya disebabkan oleh flu ringan maupun berat, bukan hanya karena flu atau pilek, pada banyak kasus juga ditemukan hidung tersumbat tapi tidak pilek terjadi.

Hidung tersumbat kerap kali mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Namun, bukan saja saat beraktifitas, hidung tersumbat pun akan sangat mengganggu ketika kita sedang beristirahat bukan baik saat santai maupun saat tidur.

Mudah! Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur
Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

Hidung tersumbat membuat sulit tidur? Memang beberapa orang sering mengalami hal ini. Namun, tenang, ini bisa Anda atasi dengan mudah, khususnya saat hidung tersumbat akibat flu berat. Berikut beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa Anda coba.

Menambah Tumpukan Bantal

Cara yang paling sederhana tetapi cukup bekerja untuk membantu mengatasi hidung mampet adalah dengan menambahkan 1-2 bantal agar lendir yang menyumbat rongga hidung dapat keluar dengan sendirinya. Posisi tidur ini biasanya menyulitkan aliran lendir dan akhirnya menyumbat sinus.

Menghirup Uap

Menghirup uap adalah cara agar bisa tidur saat hidung tersumbat. Uap yang dipakai bisa berasal dari rebusan herbal dengan aroma khas mint atau thyme. Cara membuatnya pun cukup mudah. 

Anda hanya perlu memasukkan 3 sendok the mint ke dalam mangkuk dan seduh dengan air panas. Kemudian, hirup uapnya sebelum kembali tidur.

Gunakan Pelembab Udara (Humidifier) dan Minyak Esensial

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur lainnya adalah dengan menyalakan Humidifier. Dengan menggunakan pelembab udara ini, suhu hangat yang segar akan menyebar ke udara kamar. Bila perlu, tambahkan minyak essensial dengan aroma mint untuk membuat hidung lebih lega.

Menggunakan Larutan Saline

Larutan saline ini berisikan sedikit garam yang biasanya dipakai dengan cara disemprotkan ke hidung. Obat ini dinilai aman karena tidak mengadung obat-obatan, sehingga bisa digunakan beberapa kali di malam hari. Letakkan di samping kasur agar lebih mudah saat akan menggunakannya pada malam hari.

Kompres Hidung dengan Handuk Hangat

Cara satu ini tergolong cukup mudah diterapkan. Penerapannya cukup dengan menaruh kompres hangat di hidung juga pada dahi untuk mengurangi nyeri akibat hidung tersumbat. 

Kompres ini juga digunakan untuk melegakan hidung dan membuat lendir lebih mudah keluar. Cara ini juga bisa membuat hidung lebih rileks.

Baca Juga : Menelan Permen Karet Berbahayakah? ini yang akan terjadi

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Anda bisa menerapkan cara ini sesering mungkin agar tidur lebih nyenyak. Cara di atas aman karena merupakan teknik-teknik umum, jadi tidak perlu khawatir aka nada efek sampingnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel