10 Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Apa yang ada di benak pikiranmu jika mendengar jurusan IPS? Pasti dianggap kurang bersinar dibanding jurusan IPA bukan? Padahal Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan sebenarnya sangat banyak. Hanya saja di masyarakat terlanjur muncul stigma bahwa jurusan IPA lebih baik ketimbang IPS.

jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan
Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Kebanyakan jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan merupakan jurusan yang baru. Walaupun masih baru, tetapi tetap kedepannya bakal lebih memudahkan kamu karena sangat relate dengan era teknologi seperti sekarang.

Memangnya jurusan IPS bisa jadi apa? Hem pertanyaan ini mungkin sering kita dengar dari teman atau tetangga ya. Sabar saja, tanpa mereka sadari, nyatanya peluang jurusan IPS itu terbuka lebar kok. Kamu hanya perlu menunjukkan semangat agar impian bisa cepat tercapai.

Pada kesempatan kali ini, kami akan bahas mengenai jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan. Pemaparan kali ini bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk menentukan jurusan apa yang akan kamu ambil. Apa saja sih? Yuk simak penjelasan berikut ini.

10 Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan


1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Mengapa? Karena jurusan ini akan mempelajari banyak hal seperti keterampilan berbicara, keterampilan menyimak lawan bicara, membaca bahasa tubuh lawan bicara, keterampilan menulis, keterampilan membuat iklan, dan lain sebagainya. 

Nantinya, kamu bisa jadi seorang publik relations di sebuah perusahaan, juru bicara perusahaan atau tokoh-tokoh penting, desainer, HRD, penulis, hingga news anchor. Gaji dari pekerjaan tersebut, tentunya sangat besar. Jadi cukup menjanjikan untuk kedepannya.

2. Jurusan Sastra Indonesia

Salah satu jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan adalah Sastra Indonesia. Yap, banyak banget masyarakat yang menganggap kalau mempelajari sastra Indonesia itu kurang penting karena kita sudah bisa berbahasa Indonesia. Jadi tak heran, kalau jurusan ini menjadi sepi peminat.

Meski begitu, prospek kerjanya sangat besar loh. Kamu bisa menjadi sastrawan, jurnalis, penulis novel atau cerpen, penulis artikel, guru, publik relations, dan lain sebagainya. Bahkan kalau kamu seorang profesional, gajimu bisa mencapai puluhan juta perbulan. 

3. Jurusan Sastra Inggris

Sastra Inggris menjadi jurusan yang dirasa memiliki prospek tinggi. Karena saat ini, kebanyakan perusahaan memerlukan karyawan yang bisa berbahasa Inggris. Hal ini tak terlepas dari hubungan antar perusahaan yang memiliki jaringan luas hingga keluar negeri. 

Ketika kamu masuk kuliah jurusan sastra Inggris, kamu bakal mempelajari seluk beluk bahasa Inggris, cara berbicara, hingga karya sastra dalam bentuk bahasa Inggris. Lalu setelah lulus bisa jadi apa? Setelah lulus, kamu bisa jadi guru Bahasa Inggris, penerjemah, publik relations, content writer, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Sastra Jepang

Di Indonesia, jurusan sastra Jepang masih kurang diminati, padahal kemampuan berbahasa Jepang amat diperlukan di berbagai perusahaan. Untuk kamu yang lulusan IPS, kamu bisa mempertimbangkan jurusan sastra Jepang ini. 

Ketika kamu kuliah di jurusan tersebut, kamu akan melahap materi terkait budaya jepang. Setelah kamu lulus, kamu bisa jadi translator video ataupun film, translator manga, karyawan di sebuah perusahaan, hingga menjadi pemandu wisata. 

5. Jurusan Filsafat

Filsafat bisa menjadi pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Jurusan ini memang sering dihindari karena memerlukan literasi yang banyak dan dasar logika berpikir yang kuat. Rata-rata mahasiswa filsafat biasanya memiliki buku bacaan yang cukup banyak. 

Apakah jurusan filsafat ini menjanjikan di masa depan? Tentu saja iya. Karena nantinya kamu bisa menjadi penasihat dalam sebuah lembaga. Misalnya di kementerian atau organisasi. Selain itu, kamu juga bisa menjadi mentor seorang konsultan pendidikan. 

6. Jurusan Ilmu Sejarah

IPS memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya sejarah. Nah kamu bisa nih mengambil pilihan jurusan ilmu sejarah. Jurusan ini terkenal sepi peminat, padahal untuk prospeknya ya sama menguntungkannya dengan jurusan lain. 

Sebenarnya ada pilihan pendidikan sejarah ataupun sejarah murni. Kalau pendidikan, maka basiknya akan jadi guru. Sedangkan jika sejarah murni, akan menjadi sejarawan. Tak hanya itu, setelah lulus kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang industri. 

7. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Tahukah kamu, jurusan apa yang menjanjikan masa depan? Nah ternyata nih Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu jurusan yang cukup menjanjikan. Pasalnya, saat ini era teknologi sudah merambah kemana-mana. 

DKV sendiri akan mempelajari mengenai komunikasi yang disampaikan melalui sebuah karya. Jurusan ini tergolong baru, karenanya di Indonesia masih sepi peminat. Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu bisa jadi desain grafis, ilustrator, animator, dan lain sebagainya.

8. Jurusan Penyiaran / Broadcasting

Jika kamu mencari pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar, kamu perlu mengambil kuliah jurusan penyiaran nih. Pasalnya, setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi news anchor, reporter, wartawan, jurnalis, hingga publik relations. 

Mahasiswa penyiaran dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan memiliki kepercayaan diri yang baik. Sehingga, setelah lulus nanti mereka dapat survive dan lebih siap dengan dunia kerja. Percuma juga kan kalau kuliah hanya pulang pergi tanpa bisa mengembangkan diri dengan baik.

9. Jurusan Jurnalistik

Sarjana apa yang paling banyak dibutuhkan? Ternyata saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan sarjana jurnalistik. Hal ini karena perusahaan merambah ke dunia digital yang menuntut mereka memiliki karyawan yang dapat diandalkan untuk copywriting. 

Rata-rata mahasiswa jurnalistik memang memiliki kemampuan menulis yang baik. Bahan bacaan mereka juga banyak, jadi tak heran kalau perusahaan banyak yang mencari sarjana jurnalistik. 

Prospek kerja di masa depan juga terbuka lebar. Saat ini era digital yang memanfaatkan teknologi. Kamu bisa menjadi penulis di media besar seperti kompas, detik, cnn, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi pekerja di perusahaan industri kreatif loh.

10. Jurusan Bisnis Digital

Bisnis Digital merupakan jurusan IPS yang jarang diketahui. Wajar saja, di Indonesia hanya beberapa kampus saja yang membuka jurusan ini. Jurusan Bisnis Digital tergolong jurusan yang masih baru karena baru berdiri beberapa tahun silam.

Meski begitu, prospek kuliah di jurusan Bisnis Digital rupanya sangat tinggi. Hal ini dikarenakan era sekarang yang lebih mengedepankan teknologi. Apalagi pemerintah telah berupaya menciptakan digitalisasi di Indonesia. Jadi peluang kerja sangat terbuka lebar. 

Setelah lulus, kamu bisa menjadi business consultant, manager, pengembang bisnis, hingga menciptakan perusahaan sendiri. Hal yang harus kamu pegang adalah tekad kuat untuk maju dan jangan pernah malas untuk belajar.


Penutup

Demikianlah jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan yang telah kami paparkan. Bagaimana? Sudah bisa memutuskan jurusan apa yang hendak kamu ambil? Pastikan pilih sesuai keinginanmu ya, agar tidak merasa "salah ambil jurusan" di tengah jalan. 

Renungkan baik-baik dan sesuaikan dengan passion yang kamu miliki. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk bisa berkembang menjadi lebih besar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian jika dirasa bermanfaat ok!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel