Inilah Cara Membersihkan Mata Secara Alami Agar Bening Dan Sehat

Menjaga kesehatan mata sangatlah diperlukan sebab mata merupakan salah satu panca indra manusia yang sangat berharga.

Setiap hari pasti kita melakukan berbagai macam aktifitas dan menikmati segala keindahan tentunya dengan mata. Maka dari itu jangan sampai dari kita mengabaikan kesehatan mata, selain berfungsi sebagai indra pengelihatan, mata juga menjadi daya tarik seseorang. Mata yang sehat akan dicirikan dengan tampak bersih dan putih sehingga dapat membuat anda tampak lebih cantik.

Berbicara seputar kesehatan dan kecantikan mata, maka kita perlu melakukan perawatan mata, untuk melakukannya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang murah dan tentunya mudah didapatkan di sekitar kita. 

Namun, sebelum kita melakukan perawatan ada baiknya kita juga mengetahui beberapa masalah pada mata dan penyebabnya agar nantinya kita bisa melakukan pencegahan dan hasil perawatan yang telah kita lakukan ini tidak menjadi sia-sia.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda / Kantung Mata, mudah dan efektif

Penyebab mata berwarna kekuningan

Masalah mata berwarna kekuningan bukan hanya di sebabkan karena penyakit hepatitis atau penyakit kuning saja, namun bisa juga disebabkan karena hal lainnya. Tentu tidak menyenangkan memiliki warna mata kekuningan karena orang-orang dapat mengira kita sedang sakit atau tidak sehat, perlu diketahui warna mata kekunungan bisa disebabkan karena beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

  • Karena stress berlebihan
  • Kurang tidur
  • Mata lelah akibat terlalu lama di depan layar monitor atau main gadget
  • Mata terkena asap
  • Pola hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alcohol

Penyebab mata merah

Gejala mata merah terjadi akibat terjadi pembesaran pembuluh darah pada bagian putih mata maupun kelopak mata . saat mata merah biasanya dibarengi dengan rasa perih atau gatal-gatal. Ketika anda merasakan hal ini, maka hindari aktifitas menggosok-gosok mata apalagi mencoba mengeluarkan kotoran pada mata dengan tangan atau benda-benda tertentu karena bisa menyebabkan iritasi. Penyebab mata menjadi merah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjangkit penyakit mata
  • Mata terkena debu atau dimasuki binatang kecil
  • Akibat terlalu lama tidur di siang atau sore hari 
  • Mengkonsumsi minuman keras
  • Menangis berlama-lama
  • Mata terkena iritasi 

Setelah kita mengetahui masalah mata yang sering di alami orang-orang, selanjutnya mari kita mulai cara membersihkan mata agar mata menjadi bening dan sehat. Kita simak langkah-langkah berikut ini:

Cara membersihkan Mata dengan Daun Sirih

Cara perawatannya cukup mudah, pertama-tama siapkan segenggam daun sirih, cuci bersih kemudian rebus (biarkan sampai mendidih), kemudian tuangkan air rebusan daun sirih pada sebuah wadah, teteskan air rebusan sirih pada mataatau bisa juga dengan menenggelamkan mata anda pada air sirih sambil mengedip-ngedipkan mata beberapa kali lakukan cara ini dua kali sehari, saat pagi dan sore hari. Jika dilakukan secara rutin, maka akan terbebas dari kedua masalah mata di atas.

Cara Membersihkan Mata dengan Jus Mentimun dan Kentang

Pertama-tama siapkan mentimun dan kentang secukupnya, kemudian bersihkan dan masukkan ke dalam belender untuk di haluskan, jangan lupa beri sedikit air agar adonan jus tidak terlalu kental, ambil 2 buah gumpalan kapas, kemudian celupkan pada us mentimun dan kentang tadi, lalu kompreskan pada mata, biarkan selama beberapa menit pada saat itu anda akan merasakan efek dingin dan segar pada kelopak mata, setelah selesai kemudian buang kapas tersebut dan basuh mata dengan air bersih. Lakukan langkah tersebut secara rutin maka mata anda akan menadi bening dan sehat.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Dampak Penggunaan Smartphone/Gadget, penting lakukan beberapa tips ini

Selain dengan cara perawatan tadi, kita juga dianjurkan untuk melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan mata dengan tidur tepat waktu dan jangan bekerja atau belajar sampai larut malam. 

Konsumsi berbagai macam buah dan sayuran secara cukup, minum air putih minimal 8 gelas sehari, jauhi rokok dan minuman keras dan terapkan pola hidup sehat lainnya. Dengan cara ini maka mata kita bisa menjadi bening seperti saat masih balita.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel