10 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja. Bagi kamu yang baru lulus, atau bahkan masih duduk di bangku SMA, infromasi berikut ini mungkin akan menyudahi kegundahanmu terkait jurusan kuliah. 

10 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja
Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Riset mengenai jurusan kuliah sebelum lulus memang menjadi hal yang wajib dilakukan. Karena dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan segalanya agar semua bisa sesuai rencana. 

Pernahkah kamu bertanya, kira-kira kuliah ambil jurusan apa yang enak? Kalau dipikir-pikir tidak ada jurusan kuliah yang enak. Karena semuanya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Meski begitu, kamu perlu catat beberapa jurusan yang kiranya sangat dibutuhkan di masa yang akan datang. 

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja

Perlu diketahui, informasi berikut ini hanya sebagai referensi saja. Selebihnya kamu bisa riset mengenai jurusan tersebut di kampus-kampus impianmu.  

1. Kedokteran

Kedokteran menjadi jurusan paling dibutuhkan 10 tahun kedepan karena berkaitan dengan kesehatan makhluk hidup. Kedokteran akan selalu dibutuhkan oleh manusia sampai kapanpun. Mengingat penyakit yang diderita manusia juga terus berkembang. Apalagi bagi kamu yang memang semasa SMA mengampil jurusan ipa, maka kedokteran bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Apalagi saat ini pandemi Covid-19 belum usai, jadi Indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga kedokteran agar dapat membantu mengatasi pandemi. Gaji seorang dokter juga terbilang besar loh dan sangat 

2. Jurusan Ilmu Komputer (Teknik Informatika)

Jaman sekarang memang tak hida lepas dari yang namanya teknologi. Bahkan di semua bidang rasanya selalu tersisipi teknologi. Jurusan Teknik Informatika saat ini sangat diminati oleh banyak orang. Bagaimana tidak, di era sekarang, semuanya mengandalkan teknologi dan sangat bergantung pada teknologi.   

Lulusan Teknik Informatika nantinya bisa menjadi programer, web developer, dan lain sebagainya. Apalagi gaji seorang IT di suatu perusahaan juga sangat besar. Nilainya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta. Tentunya gaji tersebut disesuaikan dengan level dan kemampuan yang dimiliki. 

3. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja. Meski terdengar sepele karena semua orang juga bisa berkomunikasi, tetapi nyatanya memiliki peluang kerja yang bagus. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan tersebut. 

Setelah lulu, kamu bisa menjadi publik relation di suatu perusahaan, anchor atau pembawa berita, reporter, dan lain sebagainya. Menyoal gaji, tentunya gaji yang ditawarkan lumayan besar mengingat industri yang bisa kamu masuki juga luas. 

4. Penyiaran atau Broadcasting

Kira-kira apa jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan ya? Nah kamu bisa melirik jurusan penyiaran atau yang lebih dikenal dengan broadcasting. Jurusan ini sebenarnya masih memiliki hubungan dengan jurusan komunikasi.

Jika kamu telah lulus kuliah, nantinya kamu bisa menjadi penyiar berita, reporter, tim kreatif, penulis, dan lain sebagainya. Karena bekerja di perusahaan media, tentunya gaji yang didapatkan juga sangat besar.  

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan jurusan DKV atau istilah mudahnya adalah jurusan desain. Jurusan yang satu ini cukup menjanjikan bagi masa depan, mengingat saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan desainer untuk brand mereka. 

Desainer grafis juga bisa mengambil pekerjaan freelance. Mencari-cari klien dan mendapatkan uang tambahan dari jasa yang ia buka. Tentunya ini menjadi peluang besar bagi kamu yang memiliki skill dan minat di bidang desain. 

6. Akuntansi

Jika ada yang bertanya, jurusan apa yang gampang cari kerja? Mungkin jawabannya adalah akuntansi. Jurusan ini memang banyak diminati, karena selain gampang mencari kerja, cuan yang didapat juga lumayan besar. 

Lulusan akuntansi juga bisa bekerja di perusahaan apapun. Misalnya, di perusahaan makanan, media, rumah sakit, dan lain sebagainya. Karena semua perusahaan pasti memerlukan seorang akuntan. 

7. Manajemen

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan jurusan manajemen. Jurusan ini masih masuk dalam fakultas ekonomi. Manajemen juga menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Mengingat setiap bidang usaha perlu jasa seorang manajemen. 

Orang yang berkecimphngbdi dunia manajemen akan memanage keberlangsungan usaha agar tetap stabil. Sehingga nantinya perusahaan bisa mendapatkan profit serta bisa memberikan bayaran tinggi pada karyawannya.  

Baca Juga : Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

8. Ilmu Pendidikan

Ilmu pendidikan mungkin menjadi jurusan kuliah yang paling mudah. Karena jurusan ini akan mempelajari materi-materi yang masih ada kaitannya dengan materi di sekolah. Misalnya saja jurusan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, kamu akan belajar juga mengenai majas, puisi, kalimat tanya, kalimat perintah, dan lain sebagainya.

Lulusan ilmu pendidikan juga tidak serta-merta menjadi guru. Banyak lulusan pendidikan yang bekerja di Bank, perusahaan, atau bahkansesebagai perencana kurikulum di pemerintahan.  

9. Sastra Inggris 

Jika kamu mencari jurusan kuliah yang tidak ada matematika, kamu bisa memilih Sastra Inggris. Sesuai namanya, jurusan ini mengajak kamu untuk belajar tata bahasa Inggris, kesantunan berbahasa, hingga history dari bahasa tersebut. 

Lulusan sastra Inggris bisa menjadi seorang guru bahasa Inggris, penerjemah, content writer, hingga publik relation. Saat ini orang yang mahir berbahasa Inggris juga sangat disukai oleh banyak perusahaan di Indonesia. Bagaimana? Tertarik mengorek lebih dalam jurusan sastra Inggris? 

10. Arsitektur

Terakhir ada jurusan Arsitektur yang lumayan dibutuhkan di dunia kerja. Bagaimana tidak, setiap perusahaan membutuhkan seorang arsitek untuk dapat merancang bangunan dan mempertimbangkan konstruksi bangunan. 

Apalagi seiring berkembangnya zaman, manusia semakin membutuhkan inovasi dari bangunan yang ditinggali. Tentunya ini menjadi peluang bagi seorang arsitektur untuk meraup keuntungan. 

Baca Juga : 6 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi Beserta Penjelasannya

Demikian 10 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja yang bisa menjadi referensi untukmu. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan di atas dan mulai merencanakan masa depan. Pastikan pertimbangan dengan baik ya, jangan sampai ada kasus salah ambil jurusan. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ok. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel