9 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika Tetapi Menjanjikan

Pada kesempatan kali ini, kami akan paparkan beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Bagi orang yang enggan dipusingkan dengan hitung-hitungan, mungkin informasi berikut ini akan sangat membantu untuk dijadikan sebagai referensi. 

9 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika Tetapi Menjanjikan
Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Apakah ada jurusan tanpa matematika? Tentu saja ada dong! Karena memang ada beberapa jurusan yang tidak akan bersinggungan dengan hitung-hitungan. Kira-kira apa saja sih jurusannya? Mari simak ulasan berikut ini. 

9 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika 

Perlu diketahui, kami hanya memaparkan sebagai bahan referensi saja. Keputusan mutlak ada di tangan kamu semua. Jadi pastikan riset lebih dalam mengenai jurusan yang akan kamu ambil. Jurusan berikut bisa kamu ambil baik itu saat sekolah mengambil jurusan IPA maupun jurusan IPS.

1. DKV (Desain Komunikasi Visual)

Mungkin kamu pernah bertanya, Apakah DKV ada matematika? Jawabannya tentu tidak ada. Karena jurusan kuliah ini lebih mendalami mengenai sejarah, sosial, dan desain. Jadi kamu tidak akan pusing menghitung rumus yang terlalu ruwet.

Meski begitu, di setiap mata kuliah ada materi yang tentang hitungan, misalnya menghitung luas, menghitung ukuran kertas, menghitung besar kecilnya logo, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki skill dan minat yang tinggi di bidang desain, kamu bisa coba memasuki kuliah jurusan DKV ini.

2. Jurusan Sastra

Jurusan sastra juga tidak ada mata kuliah matematika. Karena pada jurusan ini, akan mempelajari mengenai sejarah, apresiasi karya, menciptakan karya, hingga mengkritisi sebuah karya. 

Jika kamu memiliki imajinasi yang baik seperti membuat kata-kata puitis, mungkin jurusan ini cocok denganmu. Karena bisa memudahkan dan melancarkan karir yang kamu jalani.

3. Jurusan Sendratasik

Kamu tahu tidak, Kuliah apa yang santai? Nah jurusan seni tari, drama, dan musik (Sendratasik) mungkin bisa menjadi pilihan. Santai yang dimaksud disini bukanlah santai leha-leha tanpa melakukan aktivitas apapun ya.

Tetapi santai yang kami maksud yakni tidak terlalu membebani pikiran. Karena pada jurusan ini lebih banyak praktek ketimbang teori. Tentunya sangat enak karena bisa membuat kamu menjadi lebih jago lagi. Apalagi jurusan ini tidak ada mata kuliah matematika, jadi kamu tidak akan dipusingkan dengan rumus yang terlalu rumit.

4. Ilmu Komunikasi

Kamu tak akan menjumpai mata kuliah matematika pada jurusan ini. Karena jurusan ini akan fokus untuk mempelajari seni berkomunikasi. Kamu juga akan belajar mengenai tata cara menjadi pembawa berita, publik speaking, dan lain sebagainya. 

Bagi kamu yang malas dengan hitungan matematika tapi ingin value tinggi saat bekerja nanti, mungkin Ilmu Komunikasi patut kamu masuki.  

Baca Juga : 6 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Polisi Beserta Penjelasannya

5. Jurusan Sejarah

Sejarah juga menjadi jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Karena kamu akan diajak untuk belajar terkait history, kehidupan sosial masyarakat, budaya, ekonomi, hingga politik dan agama. 

Umumnya, lulusan sejarah setelah lulus akan menjadi seorang guru. Namun kamu juga bisa loh menjadi sejarawan, bekerja di pabrik tambang, dan lain sebagainya. 

6. Jurusan Sosiologi

Sesuai namanya, jurusan ini bakal mempelajari mengenai ilmu sosial. Jurusan ini masih memiliki keterkaitan dengan jurusan sejarah. Karena untuk mendalami budaya dan kehidupan masyarakat, perlu mengacu pada historisnya. 

Bagi kamu yang tidak suka matematika, kamu bisa masuk ke jurusan ini. Mengingat, kamu tak akan mendapati matematika saat masuk di jurusan sosiologi. 

7. Jurusan Filsafat

Kamu juga tidak akan menemukan matematika pada jurusan ini. Meski tak ada matematika, kamu dituntut untuk berpikir kritis dan membaca buku yang banyak. Karena pada jurusan ini sangat mengandalkan logika berpikir. 

Jadi, bagi kamu yang suka mikir dan memiliki daya kritis yang tinggi, kamu bisa memasuki jurusan ini. 

8. Pendidikan Bahasa Indonesia

Jurusan ini juga cocok bagi kamu yang anti dengan matematika. Karena nantinya kamu akan diajak untuk mempelajari mengenai ilmu bahasa dan pendidikan. 

Misalnya saja mengenai kalimat, bunyi bahasa, dan lain sebagainya. Kamu juga akan dipoles untuk menjadi seorang guru Bahasa Indonesia yang baik dan profesional. 

9. Pendidikan Bahasa Inggris

Pada jurusan ini juga tidak akan dijumpai matematika yang bikin pusing. Karena kamu akan diajak untuk belajar mengenai bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga akan dipoles lagi menjadi seorang guru yang profesional. 

Materi pada jurusan ini berbeda dengan materi jurusan sastra Inggris. Pada Pendidikan Bahasa Inggris lebih dominan materi yang masih bersinggungan dengan sekolah.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Penutup

Demikian beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Kamu bisa melirik salah satu jurusan di atas untuk membangun karir agar menjadi lebih baik lagi. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel