Alasan Kenapa Cegukan Terjadi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Siapa sih di dunia ini yang belum pernah mengalami yang namanya Cegukan. Banyak mitos yang beredar di masyarakat jika Cegukan terjadi karena kita sedang kangen dengan seseorang atau pertanda tubuh kita akan bertambah tinggi.

Cegukan

Meskipun tidak sakit atau nyeri, namun Cegukan bisa mengganggu iya kan, apalagi kalo munculnya disaat yang tidak tepat. Cegukan sendri biasa terjadi beberapa menit dan dapat terjadi hingga lebih dari 48 jam jika berkepanjangan.

Namun jangan khawatir, karena bukan hanya kamu yang mengalami kondisi Cegukan ini, mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa pun mengalaminya.

Lalu apa sih itu Cegukan dan kenapa cegukan terjadi ? Yuk simak ulasannya debawah ini :

Apa Itu Cegukan ?

Dalam istilah medis, Cegukan dikenal sebagai “Singultus”. Singultus atau cegukan merupakan keadaan ketika seseorang mengeluarkan bunyi yang terdengar “hik-hik” tanpa disengaja. Tidak hanya mengeluarkan suara, cegukan juga menimbulkan tekanan dibagian dada, perut dan tengggorokan.

Mekanisme Cegukan ?

Cegukan dapat terjadi jika otot yang memisahkan perut dan dada atau diafragma berkontraksi tanpa sengaja. Diafragma sendiri berperan penting dalam system pernafasan manusia, karena berlangsungnya proses pernafasan normal ini tergantung pada kontraksi dan pendaratan diafragma.

Normalnya, saat kita menarik nafas, otot diafragma akan berkontraksi atau turun dan akan berelaksasi atau naik kembali ketika kita menghembuskan nafas.

Dalam kasus Cegukan, otot diafragma berkontraksi secara tiba-tiba lalu menyebabkan udara terlalu cepat masuk kedalam paru-paru, akibatnya katup saluran pernafasan menutup hingga menimbulkan suara “Hik” (cegukan).

Baca Juga : Alasan Kenapa Saat Siku Terbentur Terasa Kesetrum

Penyebab Cegukan ?

Berbagai hal dapat menjadi pemicu terjadinya Cegukan. Cegukan ada yang bersifat sementara dan ada juga yang berkepanjangan. 

Beberapa ahli menyebutkan jika terkadang Cegukan akan terjadi karena gangguan pada jalur saraf dari otak ke otot, atau perubahan suhu dan situasi emosional. Jadi jangan heran, jika kita membuat kaget seseorang yang sedang Cegukan dan tiba-tiba Cegukannya berhenti.

Penyebab Cegukan sementara dapat dipicu oleh beberapa kondisi, seperti : makan pedas, minuman berkarbonasi dan beralkohol, mengunyah atau menghisap permen, merokok, serta makan terlalu banyak atau makan terlalu cepat. Pemicu lainnya bisa kerena perubahan suhu secara tiba-tiba, sedang gugup, terlalu bersemangat, atau karena stress.

Sedangkan penyebab Cegukan terus menerus (berkepanjangan) yaitu karena gangguan organ dalam seperti gangguan system pencernaan, gangguan saraf, gangguan pada otak, gangguan pada rongga dada, serta gangguan jantung hingga gangguan mental.

Cegukan berkepanjangan dapat berlangsung lama hingga 48 jam, bahkan dapat menyebabkan kelemahan, kurang tidur hingga berat badan berkurang.

Cegukan yang berlangsung terus menerus (berkepanjangan) dan tidak kunjung hilang merupakan tanda masalah kesehatan yang cukup serius. Ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatanmu.

Mengatasi Cegukan ?

Cegukan yang bersifat sementara dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika cegukan sudah mengganggu, coba obati dengan berbagai cara alami ini :

  • Coba tahan nafas selama beberapa detik dan hembuskan secara perlahan 
  • Coba bernafas dalam-dalam atau dengan kantong keras
  • Coba minum air hangat dicampur madu atau jahe 
  • Coba dengan menghisap potongan lemon

Cobalah salah satu cara diatas, tentunya tidak langsung hilang tiba-tiba, kamu juga perlu kesabaran dalam melakukannya.

Baca Juga : Apakah Hantu Itu Benar Ada? ini penjelasan menurut SAINS

Nah, itulah ulasan mengenai apa itu Cegukan, kenapa Cegukan terjadi hingga penyebab dan cara mengatasinya. Jadi perlu diingat jika cegukan ini bukan pertanda kamu akan bertambah tinggi atau kamu sedang kangen ya.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel