Alasan Kenapa Mantan Susah Dilupakan, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dalam hal melupakan mantan, terdapat dua tipe orang, yaitu yang mudah melupakan mantan dan yang susah buat melupakan. Bagi tipe orang yang mudah move on sih gak ada masalah, namun bagaimana halnya dengan yang susah banget melupakan mantan? 

Alasan Kenapa Mantan Susah Dilupakan, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Alasan Kenapa Mantan Susah Dilupakan

Orang yang susah melupakan mantan akan menjadi sangat sensitive jika melakukan sesuatu atau melihat sesuatu yang berkaitan dengan sang mantan, atau bahkan mencium bau parfum yang mirip parfum si dia, apalagi kalau sampai di follow kembali di Instagram, bisa-bisa “karena follow setitik maka rusak move on sebelanga” hihhii… 

Alasan mantan susah dilupakan bahkan bisa di jelaskan secara ilmiah loh. yuk simak ulasan dibawah ini!

Mantan bikin kecanduan

Fenomena kecanduan sama mantan ini dijelaskan oleh penelitian Lucy Brown, Ph.D. (seorang Profesor deportment Of Neurology/Albert Einstein College of Medicin), bersama rekan-rekannya dia menggunakan metode “Functional Magnetic Resonance Imaging” yaitu teknologi pemindai otak yang merekam aktivitas otak responden, para respondennya pun gak main-main loh. Para responden ini terdiri dari mereka yang baru saja diputuskan dan masih menyimpan cintanya.

Ketika para responden diperlihatkan foto sang mantan, terjadi aktivitas di otak bagian ventral tegmental dan nucleus akumben dan orbitofrontal prefrontal korteks. Pula pada area ini ternyata juga merekam aktivitas pelepasan dopamine/hormon bahagia seperti yang terjadi pada kasus kecanduan obat-obatan. Atas dasar itulah mengapa bagi mereka yang masih suka se suka sukanya sama mantan mengalami proses otak serupa dengan pecandu narkoba di pusat rehabilitasi.

Semakin Emosional Semakin Mudah Diingat

Pada saat menjalani hubungan dengan seseorang sudah pasti emosi dan perasaan akan sangat terikut di dalamnya. Dr. John Medina (ahli otak) menyatakan “kejadian yang lebih emosional akan diingat oleh manusia dengan sangat baik dan lebih lama”. Bahkan ingatan dengan emosi ini sangat akurat untuk diingat dengan tepat dari pada kejadian yang tidak sama sekali mengandung nilai emosi. 

Itulah kenapa manusia susah banget ngelupain mantan karena selalu melibatkan emosi didalamnya saat bersama si doi. Beda halnya dengan materi pelajaran yang gampang terlupakan karena tidak melibatkan emosi didalamnya.

Jadi kesimpulannya, semakin kejadian tersebut lekat secara emosional maka semakin sulit pula untuk di lupakan oleh otak manusia.

Manusia Berbakat Mengingat

Jauh sebelum manusia lahir, ternyata manusia sudah memiliki bakat untuk mengingat. Kenangan yang dirasakan oleh manusia dapat diterima dan diserap oleh ingatan manusia sejak 4 bulan individu dalam kandungan ibunya, hal inilah yang dikenal sebagai “memory prenatal”. 

Dilaporkan dalam SCIENTIFIC AMERICAN.COM “eksperimen para peneliti menunjukkan janin mampu mengingat suara yang didengarnya meski bersumber dari luar rahim ibunya dan disekitar lingkungan mereka”. Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa manusia memang punya bakat alami untuk mengingat bukan untuk melupakan. Hmm 

Baca Juga : Alasan Kenapa Film Horor Menyeramkan Tapi Banyak Yang Suka Nonton

Sering Bertemu

Pada saat menjalani hubungan dengan si dia, kamu akan menjalani aktivitas bersama-sama. Mulai dari nonton bareng, makan bareng, makan bareng ataupun mengerjakan tugas bareng. Nah intensitas pertemuan yang tinggi inilah yang justru akan menjadi boomerang saat putus dengannya. Alasannya simple saja, karena kamu sering bertemu dengannya otomatis banyak pula dong kenangan yang sudah dilalui berdua. 

Dari kaca mata sains sendiri, bukti ilmiah menunjukkan bahwa otak manusia lebih mungkin mengingat sesuatu jika sering bertemu dalam waktu teratur. Sebab intensitas pertemuan yang sangat sering memperkuat hubungan antara neuron-neuron atau sel saraf di otak manusia dan membuat informasi lebih mudah diingat.  Apalagi kalau sudah punya banyak kenagan indah sama dia. Maka akan jadi PR yang sangat sulit banget kayaknya buat move on.

Baca Juga : Alasan Kenapa Cegukan Terjadi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perkara move on bukan hal yang mudah bagi orang-orang tertentu apalagi ingatan tentang si dia muncul, otak justru terlatih dan menilai informasi tersebut penting. Sehingga menyimpan informasi tadi secara otomatis di tempat aman yang mudah untuk dipanggil kembali. Oleh karena itu saat move on jangan terlalu maksa-maksa banget yah… yang perlu kamu lakukan hanyalah mengiklaskan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel