Bahaya Menahan Kencing, Awas Ini yang Akan Terjadi

Buang Air Kecil (BAK) atau Kencing merupakan suatu kebiasaan alami yang dilakukan oleh tubuh kita. Tujuannya yaitu untuk mengeluarkan sisa-sisa limbah produk yang tidak dibutuhkan. 

Biasanya kita melakukan buang air kecil ini dalam frekwensi waktu tertentu karena banyak faktor, misalnya sering minum, ada yang karena kedinginan atau bisa karena gugup. Namun ada juga dikarenakan kondisi kesehatan tertentu.

Bahaya Menahan Kencing

Menahan kencing biasanya dilakukan karena kondisi waktu dan tempat tertentu yang tidak tepat. Misalnya saat bepergian, tidak menemukan toilet yang bersih atau karena kesibukan tertentu.

Namun, apakah kamu tahu jika kebiasaan tersebut sangat berbahaya dan bisa menimbulkan masalah kesehatan? Simak ulasannya dibawah ini :

Infeksi Bakteri

Dalam tubuh manusia terdapat bakteri baik dan juga bakteri jahat. Bakteri baik berfungsi untuk melawan bakteri jahat. Di dalam kandung kemih tergabung bakteri baik dan jahat didalamnya.

Menurut Dr. Anthony Komaroff dari Harvard Medical School mengatakan bahwa "Buang air kecil sangat membantu kita membuang bakteri yang mengendap didalam tubuh".

Nah, jika kita menahan buang air kecil atau kencing terlalu lama maka akan memberikan kesempatan kepada bakteri jahat untuk berkembang biak dalam kandung kemih dan kemungkinan menjadi Interstitial Cytitis (IC), yaitu kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan kandung kemih.

Masalah Kandung Kemih

Kandung kemih merupakan tempat penyimpanan urin dari cairan yang kita konsumsi. Kapasitas penyipanan urin pada seseorang berkembang sesuai usia. Untuk orang dewasa kandung kemih bisa menampung 16-24 Ons dan untuk anak-anak sebanyak 4 Ons cairan. Nah, jika kita meminum lebih dari kapasitas, maka akan lebih sering ke kamar mandi. 

Selain faktor usia, kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan juga ibu hamil mempengaruhi kesehatan kandung kemih.

Pada kondisi normal, orang dewasa bisa 6-7 kali dalam sehari. Jika menahan kencing, maka kamu akan menjadi lebih sensitif dan bisa menyebabkan infeksi saluran kencing atau disebut Urinary Tract Infection (UTI).

Bahayanya lagi, jika menahan kencing dengan durasi waktu yang cukup lama maka dapat menyebabkan komplikasi pada kandung kemih. Bisa berupa Inkontinensia, kandung kemih yang terlalu aktif hingga retensi urin (tertahannya urine di dalam kandung kemih). Dampak kondisi tersebut bisa terasa jika sudah memasuki usia 50 tahunan.


Masalah Ginjal

Umumnya, orang meminum air sebanyak 8 gelas dalam sehari, jumlah cairan tersebut membantu menjaga cairan dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi dan menjaga ginjal agar tetap dalam kondisi baik.

Apakah kamu tahu jika didalam ginjal terdapat batu kecil yang terbentuk dari endapan mineral kelebihan natrium  dan kalsium. Nah, jika endapan mineral tersebut tidak dikeluarkan secara teratur melalui kencing, maka akan membentuk batu yang semakin besar dan bisa bertambah banyak. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu akan merasakan sakit yang luar biasa.

Bukan cuma itu, hasil dari infeksi menahan kencing ini juga akan menyebabkan gejala gagal ginjal seperti memar, feses berdarah dan perubahan suasana hati (Mood).

Kalau sudah sampai gagal ginjal sangat bahaya bukan? karena akan memerlukan perhatian medis. Paling parahnya harus transplantasi. Bukankah ginjal itu sangat mahal? bisa sampai miliaran tuh.

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat dari menahan buang air kecil/kencing, bisa sangat fatal bukan? 


Jadi, jika sudah waktunya buang air kecil kenapa harus ditahan-tahan, bukannya yang ditahan-tahan atau yang dipendam itu tidak enak kan? karena jika kandung kemih sudah penuh, maka saraf pasti akan mengirim sinyal ke otak yang artinya kamu harus segera mengeluarkannya.

Disarankan juga agar tidak minum berlebihan jika ingin bepergian atau berada ditempat yang tidak menyediakan toilet. Semua itu tentunya untuk menghindari kamu dari menahan kencing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel