6 Perbedaan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Wajib Tahu

Mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum tahu perbedaan antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Yang mana tidak dapat kita pungkiri, pilihan kuliah ini nantinya sangat menentukan aspek-aspek penting yang berdampak pada kehidupan perkuliahan.

Memang sih, biasanya kampus negeri dianggap lebih bergengsi oleh para siswa dan orang tua, namun di satu sisi, kreadibilitas dari kampus swasta juga tidak kalah bersaing.

6 Perbedaan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Wajib Tahu
Perbedaan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Nah, bagi kalian yang masih bingung untuk memilih kampus negeri atau swasta, berikut ulasan mengenai perbedaan perguruan tinggi negeri dan swasta.

1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 

Pendaftaran untuk masuk kampus negeri (PTN) diselenggarakan oleh pemerintah, nantinya calon mahasiswa akan bersaing bersama ribuan siswa dari seluruh indonesia untuk mendapatkan kampus dan jurusan melalui seleksi nasional. Setidaknya ada 3 jalur untuk masuk kampus negeri, antara lain :

  1. SNMPTN (jalur undangan) yang diukur berdasarkan prestasi selama disekolah
  2. SBMPTN, yaitu berupa ujian tulis yang diselenggarakan secara nasional
  3. Ujian Mandiri, diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri
Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta, memiliki beberapa penilaian tersendiri untuk menyaring calon mahasiswa baru, seperti wawancara, psikotes, TOEFL dan kemampuan dasar lainnya.

Memang persaingan untuk masuk di perguruan tinggi swasta (PTS) tidak seketat di perguruan tinggi negeri (PTN), Namun bukan berarti kamu bisa bersantai-santai tanpa persiapan yang matang.

Perguruan tinggi swasta (PTS) juga memiliki jalur prestasi sendiri, yang bisa menggunakan nilai raport atau prestasi non akademik.

Untuk jadwal penerimaan kampus swasta berbeda-beda, ada beberapa gelombang, biasanya gelombang terakhir biasanya biaya masuknya akan semakin mahal.

2. Penyelenggara


Perbedaan perguruan tinggi negeri dan swasta berikutnya yaitu kampus negeri diselenggarakan oleh pemerintah, sehingga pembiayaannya pun ditanggung oleh pemerintah walaupun tidak semuanya, tapi sebagian (Subsidi). Yang mana kampus negeri tetap membutuhkan SPP/UKT yang diambil dari mahasiswa.

Sedangkan kampus swasta diselenggarakan oleh pihak swasta/non pemerintahan, sehingga segala pembiayaan untuk operasionalnya ditanggung oleh mahasiswa sendiri.

3. Biaya Kuliah


Bukan rahasia lagi jika di perguruan tinggi negeri (PTN) biasanya identik dengan biaya nya yang lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta (PTS), karena sudah di subsidi oleh pemerintah.

Namun, tidak bisa sepenuhnya dibilang begitu, karena jika membahas menegani biaya, itu berkaitan dengan kualitas, fasilitas hingga jurusan.

4. Tenaga Pengajar (Dosen)


Di kampus negeri, hampir seluruhnya merupakan pegawai negeri sipil (PNS), sedangkan pada kampus swasta ada beberapa yang PNS dan ada juga beberapa yang memang seorang tenaga pengajar yang ahli di bidangnya.

Tenaga pengajar ini pun berkaitan dengan kurikulum, di kampus negeri kurikulumnya terikat oleh pemerintah yang sudah ditentukan secara standar. Sedangkan kampus swasta memiliki kebebasan dalam menentukan kurikulum nya. Oleh karena itu banyak kampus-kampus swasta yang menggunakan kurikulum internasional.

5. Program Studi


Perbedaan perguruan tinggi negeri dan swasta berikutnya bisa dilihat dari program studi. Di perguruan tinggi swasta (PTS) biasanya cenderung memiliki program studi yang lebih beragam atau jurusan-jurusan nya lebih spesifik dan baru. Sedangkan jurusan-jurusan di perguruan tinggi negeri (PTN) itu lebih umum.

Namun tidak perlu khawatir untuk prospek kerjanya, baik kampus lulusan negeri maupun swasta masing-masing memiliki peluang kerja sama luasnya, semua tergantung dari semangat dan usaha selama belajar di bangku kuliah.


6. Beasiswa


Perbedaan perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya yaitu Beasiswa. Karena kampus negeri diselenggarakan oleh pemerintah, biasanya kampus negeri memiliki lebih banyak beasiswa, karena kamous negeri sudah terintegrasi dengan pemerintah yang biasanya mengucurkan beasiswa-beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi ataupun membutuhkan, sehingga dalam pelaksanaanya pun mudah, dimana dalam pendaftaran hingga penyeleksian sudah diatur dan diakomodasi oleh kampus-kampus terkait.

Sedangkan pada kampus swasta, beasiswa nya cenderung lebih sedikit karena kemandirian kita untuk mencarinya sendiri itulah yang menjadi kunci untuk mendapatkan beasiswa atau tidak.


Nah setelah membaca beberapa perbedaan perguruan tinggi negeri dan swasta diatas, kamu lebih condong masuk ke mana?

Apapun keputusannya, baiknya diskusikan terlebih dahulu bersama orang tua, karena kampus swasta ataupun negeri sebenarnya memiliki keunggulan masing-masing, tergantung dari individu masing-masing.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel