6 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat, Mudah dan Simpel

Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh kita, namun jika kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak, sehingga membuat arteri menyempit, kondisi ini disebut dengan Aterosklerosis.

Aterosklerosis lama kelamaan dapat membuat aliran darah tersumbat, yang mengakibatkan timbulnya sejumlah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, seringnya mengkonsumsi makanan tinggi koleterol dan lemak jenuh. Contoh makanan tersebut antara lain:

  • Susu full cream
  • Kulit ayam
  • Jeroan
  • Gorengan
Selain karena makanan, kebiasaan lain yang dapat meningkatkan kada kolesterol menjadi tinggi adalah kurangnya berolahraga dan merokok.

Kolesterol tinggi juga bisa juga disebabkan oleh penyakit yang sedang diderita, seperti pada penderita obesitas, diabetes, dan hipotiroidisme.

Bagi anda yang sedang mengalami hasil cek kolesterol tinggi, jangan langsung terburu-buru untuk minum obat penurun kolesterol. Baiknya, cobalah terlebih dahulu dengan mengkonsumsi jus buah untuk menurunkan koletserol.

Berikut 6 jus penurun kolesterol paling cepat yang bisa anda coba :

Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat
Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat

1. Jus Jeruk Nipis

Mungkin sudah banyak yang tau jika jeruk nipis banyak mengandung zat flavonoid, zat tersebut dapat menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi jus jeruk nipis, maka kadar kolesterol yang ada dalam tubuh pun dapat menurun.

2. Jus Mangga

Selain jeruk nipis, jus buah mangga juga dapat dijadikan sebagai obat alami penurun kolesterol. Selain rasanya yang enak, segar dan manis, mangga juga kaya akan vitamin C yang dapat mencegah menumpuknya kolesterol jahat dalam tubuh.

Kandungan serat pada mangga juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang masuk ke dalam aliran darah.

3. Jus Lemon

Jus buah lemon merupakan salah satu jus yang paling banyak digemari dan banyak ditemukan pada cafe hingga restoran besar. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Satu cangkir jus lemon segar mengandung vitamin C sebanyak 94 mg dan pada lemon mentah mengandung vitamin C sebanyak 112 mg.

Kandungan vitamin C pada lemon mampu mengurangi produksi apo-B yang memicu bertambahnya jumlah kolesterol dalam darah.

4. Jus Jambu Biji

Buah jambu biji banyak mengandung likopen, yaitu zat yang dapat membatasi produksi kolesterol. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid dan selenium.

Zat flavonoid yang ada dalam jambu biji ini sangat berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol tinggi.


5. Buah Delima

Buah delima sangat cocok untuk diolah menjadi jus penurun kolesterol karena efektif untuk menghilangkan plak yang ada dalam pembuluh darah. 

Hal ini juga karena buah delima dapat meningkatkan produksi oksidanitrat yang dapat menghilangkan plak dalam pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan kolesterol tinggi.

6. Jus Anggur

Mengkonsumsi buah anggur untuk menurunkan kolesterol merupakan salah satu pilihan yang cukup baik. Buah anggur banyak mengandung flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas.

Selain itu buah anggur juga banyak mengandung serat dan zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol, sehingga buah anggur sangat baik untuk dijadikan jus buah untuk menurunkan kolesterol.


Nah, itulah 6 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang kandungannya terbukti ampuh dalam mengatasi koleterol tinggi pada tubuh.

Ke 6 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat tersebut tergolong mudah dibuat dan didapatkan, karna buah-buah tersebut hampir selalu ada di pasar dan bahkan selalu disediakan oleh penjual jus buah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel