HINDARI, ini 5 Kebiasaan yang Membuat Wajah Jerawatan pada Pria

5 Kebiasaan Yang Membuat Wajah Jerawatan Pada Pria


Jerawat. Kebanyakan pria tidak terlalu memikirkan atau kurang peduli terhadap kesehatan dan kebersihan wajahnya. Padahal, jika para kaum pria bisa menjaga kebersihan wajah tentunya bisa membuat diri sendiri menjadi lebih percaya diri.

jerawat pada pria

Memang mayoritas kaum cowok lebih banyak melakukan aktivitas diluar dan mungkin hampir tidak punya waktu untuk melakukan perawatan. Akhirnya, wajah mulai tampak kusam, komedoan atau jerawatan sehingga menurunkan kepercayaan diri kita dimuka umum.

Sebenarnya jerawat yang muncul pada wajah seseorang tidak selalu dikarenakan oleh perubahan hormon, akan tetapi tanpa kita sadari banyak kegiatan sehari-hari kita yang dapat membuat wajah jadi jerawatan. Oleh karena itu, jika ingin wajah tetap mulus dan bersih, usahakan hindari beberapa kebiasaan berikut ini, Apa saja?

Berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah cowok:

penyebab jerawat pada pria

Helm Kotor

Berapa bulan sekali kamu membersihkan helm? Pastinya jika kamu mengendarai motor tentu akan menggunakan helm demi keamanan ataupun karena takut kena tilang polantas. Namun, jika helm tidak dijaga kebersihannya akan tidak baik untuk kesehatan wajah. 

Sering menggunakan helm yang kotor bisa menyebabkan penumpukan bakteri di wajah, terutama pada helm dengan model Full Face, bisa dibayangka jika tiap hari naik motor kena debu jalan, asap kendaraan lain hingga keringatan tersebut menempel pada helm, kemudian helm tersebut kamu gunakan berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan tanpa dicuci, tentunya sangat berbahaya bukan bagi kesehatan kulit wajah.


Penggunaan Minyak Rambut / Pomade

Beberapa produk pomade mengandung bahan oil dan petrolatum yang bisa mengakibatkan ketidakcocokan terhadap kulit tertentu, akibatnya sudah bisa ditebak, pada bagian kulit yang sering bersentuhan dengan pomade seperrti kulit kepala, dahi dan bagian-bagian wajah yang mungkin sering bersentuhan dengan rambut yang sudah dilumuri pomade, ataupun bagian kulit wajah yang tersentuh tangan yang sudah terkontaminasi dengan minyak rambut.

Untuk itu, harus lebih berhati-hati atau teliti dalam membeli produk minyak rambut. Pastiakan kandungannya aman terhadap tipe kulitmu. Selain itu, pomade juga memiliki sifat lengket yang akan memungkinkan debu dan kotoran mudah lengket, kemudian saat kita berkeringat maka kotoran dari rambut kita akan turun mengenai kulit wajah.

Jadi bagi kamu yang sering menggunakan minyak rambut atau pomade jangan sampai lupa untuk mencuci rambut dan wajah, terutama setelah melakukan aktivitas diluar ruangan.

Kebersihan Alat Cukur

Bagi kamu yang sering cukuran baik itu janggot ataupun kumis, pastikan terlebih dahulu alat cukur tesebut bersih dan aman. Kemudian untuk produk Aftershave juga harus diperhatikan, karena jika tidak cocok, maka jerawat pada kulit wajah akan sangat mudah untuk muncul.

Biasanya jerawat yang muncul diakibatkan oleh alat cukur ini disebut dengan "folikulitis barbe" atau peradangan pada folikel rambut pada wajah yang sering dialami oleh pria yang bejanggut.

Memegang Wajah

Pastinya hal ini yang paling sering kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Ya memegang wajah menggunakan tangan. Padahal, tangan kita sudah menyentuh banyak benda ataupun tempat yang berkuman.

Sekedar informasi, tangan merupakan salah satu bagian dari anggota tubuh kita yang paling kotor, dalam satu hari tangan kita bisa salaman dengan banyak orang, memegang uang, membuka pintu dan lain-lain. Bisa dibayangkan sediri berapa banyak kuman yang dapat menempel pada wajah jika kita menyentuhnya dengan tangan.

Jadi, sebelum menyentuh wajah usahan terlebih dahulu membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir ataupun dengan menggunakan handscrub.

Jarang Bersihkan Wajah

Membiarkan wajah yang kotor dalam waktu yang lama, sudah pasti menjadi sasaran empuk bagi kuman untuk berkembang biak hingga menimbulkan jerawat. Oleh karena itu jangan malas-malas ya untuk membersihkan muka, terutama setelah melakukan aktivitas diluar ruangan ataupun setalah berkeringat.


Nah, itulah 5 penyebab munculnya jerawat pada pria yang disebabkan oleh hal-hal sederhana yang sering dilakukan dalam aktivitas hari-hari. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan wajah agar kamu selalu bisa tampil percaya diri tanpa harus minder karena jerawat yang menepel pada kulit wajah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel