Alasan Mengapa Bajak Laut/ Pirates Menutup Mata Sebelah, Ini faktanya

Bajak laut atau Pirates, pastinya setiap kali kita membayangkan atau melihat pada buku dan film pastinya strerotip yang muncul adalah bermuka mengerikan, menggunakan baju hitam panjang, menggunakan pisau, anting, topi khas, tangan kail dan penutup mata sebelah. Setidaknya sosok bajak laut seperti itulah yang sering ditampilkan. Sosoknya yang sangar membuat mereka dijuluki penguasa lautan.

 Bajak laut / Pirates

Namun, jika membahas mengenai bajak laut, ada satu fakta menarik pada penampilan bajak laut, yaitu pada wajah mereka yang tampak menutupi satu matanya. Banyak yang beranggapan jika hal tersebut dikarenakan untuk menutupi satu matanya yang buta.

Jika memang dikarenakan satu matanya yang buta sehingga bajak laut menutup matanya, namun mengapa semua bajak laut begitu? apakah kebetulan semua bajak laut memiliki satu mata yang buta?

Dari pada penasaran, simak nih ulasannya dibawah ini :

Alasan Bajak Laut/ Pirates Menutup Mata Sebelah

Faktanya, penutup mata pada bajak laut bukanlah untuk menutupi matanya sebelah yang buta. Penutup mata ini ternyata mempunyai fungsi yang lebih penting, penutup mata ini justru untuk membantu mereka beradaptasi lebih baik dan lebih cepat terhadap perubahan cahaya yang ekstrem.

Kapal bajak laut

Seorang bajak laut sering digambarkan patroli ke atas atau ke bawah dek kapal, dari tempat terang ke tempat gelap, nah karena ini mereka mebutuhkan suatu benda yang dapat membantu mata beradaptasi dengan cepat. Trik ini dapat berguna apalagi jika sedang meyerang kapal musuh atau mempertahankan kapal sendiri dari serangan.

Sebuah acara TV popular MYTHBUSTER membuktikan fenomena ini dengan melakukan pengujian pada tahun 2007 tentang bajak laut. Yaitu salah satunya mengapa bajak laut menutupi satu matanya tersebut.

Untuk meniru kondisi aslinya, dibuat 2 ruangan gelap dan mengirim pembawa acara untuk mengujinya selama 30 menit.

Pada ruangan pertama, Host masuk dengan mata telanjang tanpa penutup mata, sedangkan pada labirin kedua Host menggunakan penutup mata. Dan hasilnya didalam labirin pertama yang gelap, host tersandung dan mencapai pintu keluar, sedangkan pada labirin yang kedua Host berhasil keluar dengan waktu lebih singkat.

Baca Juga : PSIKOPAT, Begini Ciri-Ciri dan Kelakuan Mereka Dalam Kehidupan Nyata

Jim Sheedy, seorang doctor ilmu pengelihatan mengatakan jika “penelitian menunjukkan dibutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk mata dapat beradaptasi ketika beralih dari cahay terang ke kegelapan”. 

Begitupun dalam sebuah ulasan seorang ahli dalam majalah sains Amerika, menyebutkan jika “dibutuhkan 30 menit bagi mata manusia untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Jadi, bisa dibilang pengelihatan manusia perlu beradaptasi jika berpindah dari tempat yang terang ke tempat yang lebih gelap. 

Namun, disisi lain pada malam tanpa bintang dan tanpa bulan, laut bisa menjadi gelap gulita dan bagi banyak bajak laut, 30 menit berupakan waktu yang sangat berharga untuk disia-siakan, kapal mereka harus bergerak sepanjang malam agar bisa menyerang atau biar tidak kecolongan jika ada bendera lawan yang masuk ke wilayah teritorial mereka. Jadi sangat penting bagi para pembajak ini untuk melihat.

Alasan bajak laut menutup satu mata

Untuk mendukung gagasan jika menutup mata memnudahkan navigasi pada malam hari, Badan Penerbangan Sipil Amerika ( Federal Aviation Administration) bahkan mengeluarkan buku panduan pada pilot.

Buku panduan tersebut merekomendasikan langkah-langkah bila pilot bekerja dengan pengelihatan malam mereka, salah satunya adalah jika gelap harus menutup satu mata saat menyalakan system mesin mesin operasi. Dengan mnutup satu mata mereka, pilot tidak akan mengalami kebutaan sementara akibat bias cahaya.

Baca Juga : Keren, Ini Rekomendasi 5 Film Dengan Tema Fiksi Ilmiah Yang Sayang Untuk dilewatkan

Jadi kesimpulannya, baik bajak laut atau manusia lainnya, menutup satu mata dalam kegelapan memiliki keunggulan dibandingkan dengan mereka yang tidak menutup sebelah mata.

Nah, itulah fakta mengenai bajak laut yang menutup sebelah mata mereka. Tentunya pandangan masyarakat tentang bajak laut yang menutup mata sebelah ini dipengaruhi oleh film-film yang sering menampikan sosok bajak laut yang meyeramkan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel