Suka Memelihara Hamster? Berikut 3 Manfaat dan Cara Merawat Hamster Yang Tepat Di Rumah

Hamster, hewan pengerat yang satu ini sering sekali dijadikan hewan peliharaan karena wajahnya yang lucu dan bentuknya yang imut. Pernah menjadi ikon kartun yang sangat disukai anak- anak. Hamster memang selalu punya penggemarnya tersendiri.

Manfaat dan Cara Merawat Hamster

Hewan yang identik dengan kesenangannya makan biji bunga matahari ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Meski hamster sendiri hewan yang cukup mudah mengalami stress. Tapi ternyata memelihara hewan imut ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mengurangi stress yang anda alami.

Penasaran manfaat lain dari memelihara hamster dan cara merawat hewan imut ini? Berikut faktanya :


Manfaat Kesehatan Memelihara Hamster

Seperti halnya hewan  lain yang sering di pelihara manusia. Ternyata hamster memiliki banyak sekali manfaat kesehatan sepertinya kucing yang disebut sebagai hewan terapi  dalam menghadapi stres yang sering dialami manusia.

Meskipun hamster memiliki ukuran yang kecil. Ternyata hewan imut ini punya segudang manfaat sebagai hewan peliharaan yang diluar dugaan anda. Berikut manfaat memelihara hamster

1. Sebagai Terapi Stres dan Depresi

Menurut Mental Health Foundation sebuah lembaga riset di  Inggris. Seperti halnya kucing dan juga anjing yang biasa digunakan sebagai hewan terapi stres atau terapi orang yang mengalami gangguan kecemasan.

Hamster ternyata memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada kedua hewan tersebut. Khususnya untuk anak- anak. Hamster adalah hewan peliharaan yang tepat untuk meredakan rasa kecemasan berlebihan pada anak- anak yang mengalami rasa rendah diri yang tinggi.

2. Melatih Tanggung Jawab Pada Diri

Menurut Kelton Research,Inggris memelihara hamster memiliki manfaat untuk meningkatkan tanggung jawab pada diri lebih besar daripada memelihara anjing dan kucing.

Karena hamster termasuk hewan yang memerlukan perawatan ekstra. Memelihara hewan imut ini cukup berat dibandingkan hewan lain. Sehingga ada usaha lebih dan tanggung jawab yang harus di miliki setiap orang yang memelihara hewan mungil ini.

3. Melatih Kesabaran Dan Ketenangan Diri

Menurut Journal Psychosomatic Medicine. Memelihara hewan imut ini terbukti  meningkatkan kesabaran dan ketenangan  yang cukup tinggi pada manusia.

Karena hamster membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dengan kucing dan anjing. Serta perlu kesabaran yang ekstra agar hewan imut ini tidak mudah  stres. Memelihara hewan ini justru  membuat kita lebih sabar dan hati – hati ,yang ternyata bermanfaat dalam menurunkan denyut jantung dan juga tekanan darah pada manusia.

Manfaat dan Cara Merawat Hamster  Yang Tepat Di Rumah 

Baca Juga: Perkenalkan, Ini Dia Hewan Paling Santai di Dunia, Asli Santuy, Mager, Tukang Tidur

Cara Merawat Hamster Di Rumah

  • Sediakan Kandang dan alas Sekam padi atau kayu untuk hamster agar selalu merasa nyaman dan hangat. Alas  ini juga berguna menyerap air kencing dari hamster yang berbau cukup kuat.
  • Ganti alas  dan air minum minimal 2 hari sekali. Agar hamster dan kandang tetap higienis
  • Beri makanan bervariasi. Karena hamster adalah hewan omnivora. Anda bisa memberinya makanan seperti buah – buahan , biji- bijian, jagung dan juga biji bunga matahari secara rutin setiap harinya.
  • Beri mainan berupa hamster ball atau mainan lain agar hamster tidak mudah stress dan tetap merasa nyaman.
  • Beri kandang yang berukuran cukup besar atau sesuai jumlah hamster dan tambahkan rumah – rumahan tempat hamster tidur dan  bersembunyi.
  • Ajak hamster bermain di saat pagi, menjelang senja dan juga malam hari. Karena  Hamster adalah hewan nokturnal yang lebih banyak beraktivitas di malam dan juga senja hari. Siang hari adalah waktu yang tepat untuk membiarkannya beristirahat.

Baca Juga : Hasil Penelitian Menunjukkan Manfaat Memelihara Kucing, dari manfaat kesehatan hingga kecerdasan

Meski memelihara hamster membutuhkan perawatan ekstra. Namun  hal itu ternyata sebanding dengan manfaat kesehatannya yang baik untuk menghilangkan stress dan juga depresi yang sering kita alami.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel