Menghilangkan panu dengan bahan alami dan mudah, Berikut caranya

Menghilangkan panu dengan bahan alami
Menghilangkan panu dengan bahan alami 

Panu adalah suatu gangguan pada kulit wajah atau daerah kulit lain pada tubuh yang sering dialami oleh banyak orang.

Penyakit kulit ini biasanya ditandai dengan munculnya bercak-bercaak putih pada kulit yang awalnya kecil kemudian akan membesar secara perlahan dan menyebar pada daerah sekitar kulit yang terkena.

Panu disebabkan oleh jamur Malassezia, jamur ini bersifat mikroskopik dan perlu penanganan khusus untuk menghilangkanya dari kulit.

Panu bisa saja akan cepat menyebar bila tidak segera ditangani dengan baik. Umumnya panu terjadi kepada orang yang jarang memperhatikan kebersihan badannya, seperti sering keringatan namun jarang mandi atau membersihkan badan.

Memang sih panu tidak seberbahaya penyakit kulit lain, namun tentunya akan sangat mengganggu penampilan bukan, jika munculnya pada daerah wajah ataupun bagian kulit lain yang tidak tertutup.

Nah bagi kamu yang sudah terkena atau sudah tumbuh jamur panu pada kulit, disini Sribualasan akan membagikan tips Cara menghilangkan panu dengan bahan alami dan mudah untuk didapatkan. 

Yuk simak ulasannya dibawah ini :

Bawang putih

Bawang memiliki sejuta kandungan yang bisa dimanfaatkan. Tidak hanya untuk bahan masakan, bawang juga bagus untuk merawat kesehatan kulit. Bawang memiliki anti bakteri yang jika digunakan rutin akan membunuh jamur penyebab panu.

Cara memakainya adalah dengan memotong bawang jadi 2 bagian. Kemudian olehkan potongan bangan kebagian kulit yang terkena panu. Lakukanlah cara ini 2 kali sehari. Alhasil panu akan hilang dari kulit anda.

Baca Juga: Ampuh, Cara Mengatasi Kebotakan dengan Mudah dan Alami

Ramuan jeruk nipis dan belerang

Jeruk memiliki sifat higienis sementara belerang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk membersihkan kotoran kulit. Perpadauan dua komposisi ini busa digunakan untuk membersihkan panu.

Caranya itu potong jeruk nipis jadi 2 bagian. Kemudian ambil sari-sarinya. Campurkan air perasan jeruk dengan belerang yang sebelumnya sudah dihancurkan. Pakailah cara ini 2 kali sehari.

Belimbing wuluh dan kapur sirih

Pertumbuhan panu bisa ditekan dengan keberadaan vitamin c dalam kulit dan itu bisa didapatkan dari ramuan belimbing wuluh dan kapur sirih.

Belimbing wuluh harus dihaluskan dulu kemudian dicampur dengan kapur sirih. Gunakan ramuan ini sebagai masker. Dijamin setelah rutin digunakan kulit terlihat lebih sehat dan bebas panu.

Lengkuas dan garam

Kita juga bisa menghilangkan panu dengan bahan alami dari bumbu dapur, seperti menggunakan lengkuas dan garam. 

Caranya garam dibuat larutan cukup 1 gelas saja kemudian dicampur lengkuas yang sudah dipotong 2 bagian. Oleskan ramuan tersebut kebagian tubuh yang terkena panu. Ramuan tersebut akan menghentikan persebaran jamur agar tidak merata.

Minyak kelapa

Sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak kelapa mempunyai manfaat untuk meningkatkan resistensi tubuh manusia terhadap racun dan bakteri merugikan.

Minyak kelapa juga bisa membunuh jamur penyebab panu. Bisa digunakan dengan cara dioles dibagian tubuh yang terjangkit panu.

Cuka apel

Bukan hanya bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit dalam saja. Cuka apel juga bisa digunakan sebagai pembersih muka alami. Kandungan asamnya akan membersihkan sisa sisa kulit mati dan jamur penyebab panu secara cepat. 

Cara penggunaanya adalah dengan mencampur 1 sendok cuka apel dengan 1 sendok air tawar. Kemudian ambil tisu dan basahi tisu tersebut dengan ramuan tadi. Setelah itu olehkanlah ke bagian yang terkena panu.

Baca Juga : Bercak Putih Mirip Panu Pada Bayi, Ini Penjelasannya

Nah, itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati atau menghilangkan panu dengan bahan alami pada kulit. 

Bagi kamu yang sudah muncul panu, sebaiknya segera diatasi yah, agar tidak menyebar luas dan menimbulkan gatal pada kulit, yang tentunya akan mengganggu kenyamanan ataupun penammpilan.











Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel