Teh Susu, Alasan Kenapa Tidak Boleh Mencampur Teh dan Susu, Bahaya?

Teh Susu atau yang dikenal dalam bahasa kekinian dengan Milk Tea memang menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang terutama bagi kaum mileneal.

Teh Susu, Apakah bahaya bagi kesehatan?

Teh susu adalah minuman yang terbuat dari campuran teh yang dipadukan dengan manisnya susu kental dan biasanya disajikan dalam bentuk panas, hangat ataupun dingin.

Zaman sekarang Teh Susu sangat banyak dijual dimana-mana, hampir semua tempat makan ataupun cafe tempat nongkrong menyajikan minuman yang satu ini tentunya dengan penyajian wadah dan rasa yang unik, bahkan bagi kamu yang malas keluar rumah bisa meracik sendiri dengan menyediakan teh dan susu sebagai bahan dasarnya.

Teh Susu, Apakah bahaya bagi kesehatan?

Namun, belakangan ini banyak info yang beredar jika bahaya teh campur susu, bahaya yang dimaksud bukanlah sampai mengakibatkan meninggal dunia, tapi bahaya teh susu bagi kesehatan.

Apaka betul demikian? Apakah benar informasi yang menyebut jika bahaya teh campur susu ? Yuk simak ulasannya dibawah ini :

Sudah bukan rahasia lagi jika teh adalah salah satu minuman sehat yang mempunyai manfaat bagi tubuh dengan kandungan-kandungan yang ada didalamnya. Namun, saat dipadukan dengan susu maka khasiat yang ada pada teh ini menjadi tidak maksimal.


Ada sebuah penelitian yang menunjukkan tentang minuman teh susu, penelitian tersebut dilakukan dengan cara melakukan pengujian pada 16 orang pria dewasa, yang kemudian mereka diminta untuk meminum segelas teh hangat yang dicampur dengan susu, kemudian fungsi vaskuler pada responden diukur.

Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu dengan menambahka susu pada teh yang diminum tersebut malah tidak menunjukkan khasiat yang dimiliki oleh teh. Kemudian, percobaan pun kembali dilakukan dengan menggunakan tikus putih dan hasilnya pun tetap sama.

Pada penelitian tersebut tentunya hanya menunjukkan kandungan baik teh yang hilang akibat dicampur denngan susu, bukan tentang bahaya teh campur susu ataupun bahaya teh susu bagi kesehatan.

Sementara itu, pada laman NDTV Food menerangkan jika teh yang dicampur susu dapat mengganggu sistem antioksidan catechin dan epicatechin yang dikandung oleh teh, dan menurut Shilpa Arora seorang Macrobiotics Health Coach menyimpulkan jika susu membuat kandungan teh menjadi asam, sehingga yang tadinya teh adalah minuman yang sehat malah menjadi sumber keasaman dan peradangan.

Oleh karena itu, sangat sangat tidak disarankan untuk minum teh susu apalagi disaat pagi hari, karena akan mengganggu aktivitas metabolisme dalam tubuh, dapat menyebabkan kembung dan dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi.


Kesimpulannya, minum teh itu baik, namun jika dicampur dengan susu akan membuat kandungan teh yang baik itu malah hilang. Tentunya pernyataan yang mengatakan bahaya teh campur susu atau bahaya teh susu bagi kesehatan itu bisa menjadi benar jika kamu terlalu sering meminumnya.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel