Apa Itu Cumlaude Dalam Kuliah? Berikut Beberapa Jenis Dan Persyaratannya

Saat berkuliah, kamu pasti tak asing dengan istilah cumlaude. Istilah tersebut sering dicitrakan pada mahasiswa berprestasi. Walaupun untuk meraih gelar cumlaude, semua mahasiswa juga bisa mencapainya. 

Sebenarnya Apa itu cumlaude dalam kuliah? Apakah sama dengan sistem ranking di sekolah? Untuk mengulas lebih dalam, mari simak pemaparan kami berikut ini.

Apa Itu Cumlaude Dalam Kuliah? Berikut Beberapa Jenis Dan Persyaratannya
Apa Itu Cumlaude Dalam Kuliah

Pengertian Cumlaude

Apa itu cumlaude dalam kuliah? Gelar cumlaude merupakan gelar yang diberikan oleh Universitas kepada mahasiswa yang memiliki IPK tinggi, dan lulus dengan kehormatan. Gelar cumlaude memang selalu dikaitkan dengan sebuah prestasi. Karena untuk mendapatkannya, seorang mahasiswa harus memiliki prestasi di tiap mata kuliah. 

Lantas Apa fungsi cumlaude? Sebenarnya banyak sekali fungsi dari cumlaude, diantaranya yakni bisa memberikan rasa bangga terhadap diri sendiri karena berhasil mencapai gelar kehormatan. Selain itu, untuk kamu yang ingin lanjut S2, gelar cumlaude akan mempermudah mencari beasiswa. Bahkan ketika kamu daftar CPNS, gelar cumlaude ini akan sangat berpengaruh besar di Tes Intelegensi Umum. 

Jenis dan Syarat Cumlaude

Bagi kamu yang tengah mengejar gelar cumlaude, kamu wajib tahu beberapa persyaratan agar dapat meraih cumlaude. Namun sebelum itu, kamu juga harus tahu bahwa ada tiga jenis gelar cumlaude. Berikut kami sampaikan 3 jenis cumlaude beserta syaratnya.

1. Cumlaude (Dengan Kehormatan / Pujian)

Mungkin kamu pernah bertanya, IPK 3.50 apakah bagus? Nah ternyata mahasiswa yang mendapat gelar cumlaude merupakan mahasiswa yang meraih IPK di atas 3.50. Gelar cumlaude ini bisa kamu capai ketika memiliki IPK 3.50 hingga 3.79. 

Apa syarat cumlaude? Untuk bisa meraih gelar ini, kamu harus mencapai IPK minimal 3.50, mendapat nilai yang baik di setiap mata kuliah, pastikan seminimal mungkin untuk mengulang mata kuliah, dan terakhir bisa lulus tepat waktu.

2. Magna Cumlaude (Dengan Kehormatan Besar)

Magna cumlaude merupakan yang diberikan kepada mahasiswa karena mencapai IPK 3.80 hingga 3.99. Syarat untuk bisa meraih gelar ini kamu harus mencapai IPK minimal 3.80. Selain Itu, kamu juga harus lulus di setiap mata kuliah, minimal dapat nilai B atau B+, terakhir kamu juga harus lulus tepat waktu. 

3. Summa Cumlaude (Dengan Kehormatan Tertinggi)

Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang bisa kamu raih saat menjadi mahasiswa. Dinamakan gelar kehormatan tertinggi karena dinilai telah berprestasi dan membanggakan. Bagaimana tidak, syarat meraih summa cumlaude yakni harus mencapai IPK 4.00, nilai setiap mata kuliah minimal B+ dan banyak nilai A, serta harus bisa lulus tepat waktu. Bahkan kalau bisa, lulus lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. 

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Keuntungan Cumlaude

Bagi lulusan yang mendapat predikat cumlaude tentunya sangat membanggakan. Perjuangan semasa kuliah serasa sangat berarti meski begitu berat. Orang tua juga akan bangga dengan pencapaian ini. Lantas keuntungan apa yang didapat ketika kita mendapatkan gelar cumlaude? 

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang mungkin bakal kamu capai. Diantaranya yakni lebih disegani oleh teman, dianggap mahasiswa yang berprestasi, memudahkan untuk melanjutkan studi S2, membantu proses administrasi saat CPNS, hingga mendapat tawaran kerja dari jalur khusus. 

Tentunya keuntungan ini bisa kamu raih dengan kerja keras dan semangat belajar yang tinggi. Karena tanpa adanya kerja keras yang maksimal, maka semua impianmu hanyalah angan belaka. 

Baca Juga : 9 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika Tetapi Menjanjikan

Demikian pemaparan kami terkait Apa itu cumlaude dalam kuliah! Kita jadi lebih tahu mengenai jenis cumlaude beserta persyaratannya. Selain itu, kita juga lebih tahu beberapa keuntungan dari meraih gelar cumlaude. Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian ya. Jangan lupa untuk terus belajar dan tetap semangat menggapai mimpi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel