6 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi Beserta Penjelasannya

Bagi seorang abdi negara, tentunya perlu memikirkan masa depannya agar jadi lebih baik lagi. Biasanya untuk mempersiapkan hal tersebut, maka perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk polisi yang bisa kamu pilih sendiri. 

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi
Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi

Pasti banyak yang bertanya, apakah polisi bisa kuliah? Tentunya sangat bisa! Seorang polisi bisa dan boleh banget berkuliah untuk meningkatkan jenjang karir agar menjadi lebih baik. Karena jika tidak kuliah, maka karir yang didapat tidak bisa cepat naik. 

Oleh karena itu, melanjutkan pendidikan dengan cara kuliah bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin naik pangkat dan menata masa depan. Dengan begitu, kehidupanmu bisa menjadi lebih baik dan bahagia. 

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi

Perlu diketahui, informasi yang kami sajikan ini berdasarkan gelar yang umumnya didapatkan oleh seorang polisi. Kira-kira apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Hukum

Saat ini banyak sekali polisi kuliah hukum. Bahkan jurusan ini mungkin yang paling banyak diminati. Bagaimana tidak, posisi yang merupakan seorang penegak hukum, tentunya perlu mendalami ilmu hukum. 

Jadi tak heran jika jurusan ini jadi yang terlaris di kalangan polisi. Prospek kedepannya juga cukup menjanjikan, kamu bisa bekerja di pengadilan polri, hingga mendapatkan pangkat yang lebih tinggi. 

2. Psikologi

Pernah melihat seorang polisi yang menenangkan seseorang dengan lembut? Atau polisi yang yang menjadi psikolog di satuan unit kepolosan? Nah psikologi ini menjadi jurusan kuliah yang cocok untuk polisi. 

Karena dalam bertugas untuk menenangkan masyarakat, biasanya polisi yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi akan maju lebih dahulu. Dengan begitu, suasana bisa lebih terkendali serta tertangani dengan baik. 

3. Sosiologi

Jurusan kuliah sosiologi juga menjadi pilihan untuk seorang polisi. Jurusan ini akan mempelajari mengenai kondisi sosial suatu masyarakat. Dalam prakteknya, seorang sosiolog akan sangat berperan besar ketika menganalisis suatu kasus di tengah masyarakat. Jadi tak heran jika jurusan sosiologi juga menjadi pilihan untuk seorang anggota polisi.  

4. Kedokteran

Kedokteran menjadi jurusan kuliah yang cocok untuk polisi. Jurusan ini akan mempelajari mengenai kesehatan dan penyakit manusia. Nantinya jika kamu telah lulus, kamu bisa bekerja di rumah sakit bhayangkara. Menjadi seorang polisi sekaligus dokter, tentunya salary yang akan kamu dapatkan juga jauh lebih besar. 

Oh iya, kamu bisa mengikuti pendidikan kedokteran umum, atau bisa lanjut ke spesialis. Misalnya saja spesialis gigi, tulang, dan lain sebagainya. Jasa kamu juga akan sangat berarti bagi anggota polisi yang mungkin luka saat bertugas. 

5. Biologi

Bagi kamu yang suka dengan jurusan ipa, berikut ada jurusan kuliah biologi. Jurusan ini akan mempelajari mengenai seputar makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Jurusan ini juga cocok untuk anggota polisi. Karena nantinya ilmu ini akan berguna saat penyelidikan suatu kejahatan. 

Misalnya saja saat terjadi pembunuhan, maka polisi bisa mengidentifikasi pelaku melalui sidik jari. Polisi yang bertugas inilah yang memiliki latar belakang pendidikan biologi. 

6. Penerbangan

Jurusan kuliah penerbangan juga sangat cocok untuk anggota polisi. Karena pada jurusan ini akan mempelajari mengenai penerbangan pesawat, iklim atau cuaca, membaca arah mata angin, dan lain sebagainya. Setelah lulus nanti, bisa saja kamu menjadi seorang pilot polri. 

Pilot polisi tentu memiliki nilai salary yang jauh lebih besar ketimbang polisi biasa. Karena alasan inilah, banyak juga yang menyarankan seorang polisi untuk lebih memilih pendidikan penerbangan. 

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Demikian jurusan kuliah yang cocok untuk polisi beserta alasannya. Kamu bisa menimbang kira-kira jurusan apa yang akan kamu masuki. Sesuaikan juga dengan minat dan bakatmu agar karir bisa lebih cepat meroket. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat ya, jangan lupa share ke teman-temanmu ok!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel